MISE, Memudahkan Para Onlinepreneur Bikin Toko Virtual

0
587
PT. Rifan Financindo Berjangka Blog

Saat ini generasi milenial banyak yang banting setir menjadi wirausaha ketimbang terikat kontrak sebagai pegawai. Kebebasan menentukan jam kerja dan penghasilan yang cukup tinggi, membuat banyak generasi Z menjadi onlinepreneur. Sebutan untuk pengusaha yang bergerak di bidang online.

Salah satu platform yang saat ini mendukung marketplace online adalah MISE. Dengan aplikasi MISE, para pengguna hanya cukup mendaftarkan diri secara online untuk dapat menjualkan produk dan barang tanpa harus menyediakan stok.

Aktivitas berdagang tanpa harus menyediakan stok barang itulah yang saat  ini disebut dengan toko virtual. Jadi, barang yang ditawarkan berupa gambar – gambar yang bisa dipilih konsumen. Setelah barang dibeli dan dilakukan pembayaran, baru produk akan dikirim melalui sistem penjualan drop shipping dan multi level marketing. Sistem pembayaran menerapkan komisi hasil pembagian laba antara MISE dan pengguna.

Memudahkan pengguna memulai bisnis dan berwirausaha

Aplikasi yang digagas oleh Harry Karundeng ini resmi diluncurkan pada 25 Januari 2017. Sejak awal dibuat, Harry sudah berkomitmen untuk membentuk ekosistem wirausaha sekaligus meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat luas melalui e-commerce.

Menurut Harry, MISE sangat berbeda dari platform marketplace yang sudah ada seperti Bukalapak atau Tokopedia. Pasalnya, apabila di marketplace pengguna harus menggunggah sendiri foto – foto barang yang dijual, maka di MISE tidak perlu melakukan hal itu.

Membuka akun dan toko virtual

Untuk memulai bisnis online toko virtual di MISE cukup mudah. Pengguna hanya perlu membuka akun dan memberi nama toko virtualnya. Kemudian, pengguna bisa memilih foto – foto produk barang yang sudah tersedia oleh toko – toko atau merchant yang bermitra.

Peran pengguna hanya mempromosikan toko virtual miliknya ke berbagai media sosial atau mungkin menawarkan produknya secara langsung atau offline.

Bila ada transaksi pembelian, baik saat kulakan atau terjual kepada orang lain, pengguna akan mendapatkan komisi bagi hasil. Pengguna yang mendaftar di MISE, disebut dengan agen atau Shogun.

Sistem afiliasi dan drop shipping

Konsep MISE untuk menerapkan multi level marketing atau drop shipping sebenarnya sudah bukan hal baru. Akan tetapi, dari segi aplikasi yang menampilkan antar muka yang ‘user friendly’  di layar smartphone patut diacungi jempol.

Komisi para agen tidak hanya didapat saat barang dagangannya laku, tetapi juga ketika ada pengguna lain yang mendaftar MISE atas rekomendasinya.

Beri Komentar