Persaingan ketat produk-produk ponsel cerdas dari luar negeri di pasaran Tanah Air, ternyata tidak lantas membuat produsen lokal gentar. Buktinya, smartphone karya anak negeri pun sudah ikut pula meramaikan pasar gawai di dalam negeri. Salah satunya adalah Digicoop, yang merupakan ponsel cerdas asli Indonesia, produksi dari Koperasi Digital Indonesia Mandiri (KDIM) yang diinisiasi oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) bersama MASTEL (Masyarakat Telematika Indonesia). Menariknya, smartphone 4G lokal ini bisa didapatkan hanya dengan Rp 300 ribu saja.

Sebenarnya, Digicoop sudah diluncurkan pada Maret 2017 lalu. Untuk bisa memilikinya, maka para calon pengguna harus mendaftar keanggotaan koperasi dan menyetor simpanan anggota sebesar Rp 1,3 juta. Namun, kini setiap anggota KDIM bisa mendapatkan hanya dengan menyetor simpanan Rp 300 ribu untuk keanggotaan koperasi selama satu tahun. “Setelah mengulas selama enam bulan terakhir sejak smartphone ini meluncur, kami memutuskan untuk mengubah nilai simpanannya jadi Rp 300 ribu,” jelas Ketua KDIM Henri Kasyfi seperti dilansir oleh Liputan6.com, Rabu (25/10/2017).

Dijelaskannya lebih lanjut, nilai simpanan itu terbagi atas Simpanan Pokok Rp 100 ribu, Simpanan Wajib Rp 100 ribu, dan Deposit Rp 100 ribu. Selain itu, smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan aplikasi standar Android termasuk Google Play Store, yang sebelumnya tak ada. “Perbedaan dari produk yang diperkenalkan ini adalah nilai simpanan yang diturunkan menjadi Rp 300 ribu dan ditambah aplikasi global dari Google yang dibenamkan pada smartphone,” ungkap Ketua Bidang Perangkat KDIM Teguh Prasetya pula menambahkan perbedaannya saat dijumpai secara terpisah.

Namun, untuk spesifikasinya, memang tidak ada perbedaan dengan versi sebelumnya. Disampaikan Teguh, smartphone Digicoop ini dibekali dengan prosesor quad-core 1,5GHz dan dukungan RAM 1 GB. Selain itu, disediakan pula memori internal dengan kapasitas 8 GB pada ponsel cerdas yang menjalankan sistem operasi berbasis Android 6.0.1 Marshmallow ini. Selain itu, gawai yang memiliki bentang layar 4,7 inci ini juga dilengkapi dengan baterai berkapasita 1800 mAh, serta kamera yang beresolusi 5 megapiksel pada bagian belakang dan 2 megapiksel di depan sebagai kamera selfie.

Meski begitu, Teguh menambahkan, memang tidak tertutup pula kemungkinan ke depannya akan hadir smartphone Digicoop versi terbaru dengan spesifikasi kelas atas untuk konsumen menengah ke atas. Spesifikasi premium khas perangkat high-end itu akan dipasangkan pada produk teranyarnya tersebut. “Spesifikasi seperti RAM 6 GB, memori internal 64 GB, dan kamera ganda akan dimiliki oleh perangkat tersebut di masa mendatang,” pungkasnya mengakhiri keterangan bocorannya tersebut. Sayangnya, dia sendiri belum bisa mengungkap kapan KDIM akan meluncurkan seri premium itu.

Beri Komentar