WhatsApp tidak berhenti melakukan inovasi terbaru untuk mengembangkan aplikasi layanan pesan singkat ini. Baru-baru ini, perusahaan asal Mountain View, California, Amerika Serikat yang sudah diakuisisi oleh Facebook pada 2014 lalu itu kembali meluncurkan fitur terbaru untuk memanjakan para penggunanya. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan yang sudah terkirim ke semua orang. Sehingga, kedepannya tidak ada lagi istilah ‘salah kirim’ atau ‘salah kamar’.

Dengan fitur anyar ini, pesan yang sudah terkirim itu akan hilang dari ponsel pengguna maupun di ponsel orang lain. Pesan yang telah dihapus tersebut akan berganti dengan tulisan ‘You deleted this message’ pada ponsel pengguna. Sedangkan pada ponsel orang yang menerimanya akan tertera pesan ‘This message was deleted’. Menariknya, fitur hapus pesan ini tidak hanya bisa dilakukan pada pesan yang dikirim secara pribadi, tetapi juga dapat dipraktekkan pada pesan yang dikirim ke dalam grup. Namun perlu diingat, ada batas waktu pesannya belum lewat dari tujuh menit setelah dikirim.

Fitur menghapus pesan di WhatsApp ini sendiri memang bisa dilakukan dalam dua opsi, yakni untuk diri sendiri atau semua orang. Jika dilakukan untuk diri sendiri, maka pesan hanya akan terhapus pada ponsel pengguna, baik pesan yang dikirim maupun pesan yang diterima. Sedangkan opsi untuk semua orang, maka pesan tersebut pun akan terhapus pula pada ponsel yang telah menerimanya.

Lalu, bagaimana cara menggunakan fitur untuk menghapus pesan pada aplikasi chat WhatsApp ini? Pengguna terlebih dahulu membuka pesan yang ingin dihapus tersebut, kemudian tekan dan tahan pesan itu. Selanjutnya, tekan pilihan ‘Delete’ atau ikon tong sampah. Pada tahap berikutnya, akan muncul dua opsi, yakni ‘Delete for Me’ di mana pesan hanya akan terhapus pada ponsel pengguna, dan ‘Delete for Everyone’ di mana pesan juga akan terhapus pada ponsel yang menerimanya. Opsi kedua itu pun juga berlaku bagi pengguna yang ingin menghapus pesan terkirim dalam sebuah grup.

Alhasil, dengan hadirnya fitur baru ini, maka pengguna tak perlu khawatir lagi saat mengirim sebuah pesan kemudian tiba-tiba berubah pikiran. WhatsApp sendiri telah beberapa kali melakukan uji coba fitur menghapus pesan ini. Menariknya, para pengguna di Indonesia pun sudah bisa memanfaatkan fitur ini. Namun, sebelum bisa melakukannya, tentu Anda perlu memperbaruinya ke versi terbaru.

Beri Komentar