watchOS 4, Sistem Operasi Terbaru untuk Apple Watch

0
305

Bersamaan dengan peluncuran produk anyar smartwatch Apple Watch Series 3; juga smartphone iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, serta iPhone X, dan Apple TV 4K, Apple pun sekaligus juga telah merilis sistem operasi watchOS 4 untuk perangkat jam tangan pintar itu dalam acara Apple Special Event kedua tahun 2017 di Steve Jobs Theater, Cupertino, California, Amerika Serikat, Selasa (12/9/2017) lalu. Para pengguna perangkat lama juga sudah bisa memperbaruinya mulai 19 September 2017.

Sebenarnya, sistem operasi watchOS 4 ini sudah dijelaskan Apple dalam ajang Worldwide Developer Congress (WWDC) 2017 pada 5 Juni 2017, disampaikan Chief Operating Officer (COO) perusahaan itu, Jeff Williams, seperti dilansir Detik.com, Rabu (7/6/2017). “Kami telah menciptakan pengalaman yang benar-benar individual dengan aplikasi Activity and Workout, wajah jam tangan Siri yang bisa menunjukkan informasi yang Anda butuhkan dan kami membawa pengguna ke musik favorit mereka tepat di pergelangan tangannya,” ungkapnya menjelaskan perubahan yang dibawa watchOS 4 ini.

Sistem operasi ini membuat kemampuan asisten digital Siri semakin meningkat. Saat pengguna akan mengangkat pergelangan tangan, maka semua informasi pun langsung diperbarui secara otomatis, berdasarkan waktu, rutinitas harian, data dari sejumlah aplikasi seperti Activity, Alarms, Breathe, Calendar, Maps, Reminders, dan Wallet, serta headline dari Apple News. Menariknya, tampilan pada aplikasi Activity juga diperbarui dengan adanya fitur target bulanan dan notifikasi untuk pengguna.

Sedangkan pada aplikasi Workout, ada fitur baru Swim Mode, algoritma detak jantung untuk High Intensity Interval Training (HITT), serta memungkinkan koneksi dengan perangkat olahraga melalui NFC, di mana Apple sudah bekerja sama dengan LifeFitness, Cybex, Matrix, TechnoGym, Schwinn, Star Trac, dan StairMaster. Lalu, ada fitur Flashlight yang bisa jadi senter pada kondisi gelap, serta mendukung Apple Pay untuk melakukan atau menerima pembayaran dengan mudah dan aman.

Menariknya, watchOS 4 juga memungkinkan pengguna jam tangan pintar Apple untuk mendengar musik, di mana tersedia kecerdasan buatan yang akan otomatis mempelajari musik yang sangat ingin didengarkan oleh penggunanya. Selain itu, ada pula tampilan baru dengan tiga karakter klasik film animasi Toy Story, yakni Woody, Jesse, dan Buzz Lightyear, yang membuat perangkat ini makin seru.

Beri Komentar