iPhone X, Smartphone Apple dengan Fitur Face ID

0
303

Salah satu kejutan yang dibuat Apple dalam perkenalan produk terbarunya pada Apple Special Event kedua di tahun 2017, yang digelar Selasa (12/9/2017) di Steve Jobs Theater, Cupertino, California, Amerika Serikat, adalah kehadiran iPhone X. Sesuai dengan namanya yang dibaca ‘iPhone ten’, maka sepertinya perusahaan ini memutuskan untuk meninggalkan seri iPhone 9 setelah bersamaan juga merilis iPhone 8 dan iPhone 8 Plus dalam acara itu. Lalu, apa kelebihan dari smartphone anyar ini?

Dikutip dari laman resmi Apple.com, Sabtu (16/9/2017), iPhone X bisa dibilang menjadi produk yang paling spesial dan berbeda dari sebelumnya, tepat pada satu dekade kehadiran perusahaan raksasa teknologi dari AS tersebut. Bahkan, dalam pidato CEO Apple Tim Cook menyatakan bahwa iPhone X merupakan ‘lompatan terbesar’ dalam sejarah iPhone sejauh ini. Salah satu fitur yang paling menarik adalah ‘Face ID’ atau pengenal wajah untuk mengaktifkan ponsel cerdas ini ketika akan digunakan.

Dengan fitur ini, maka pengguna pun tak perlu lagi memasukkan password atau memindai sidik jari, melainkan cukup dengan menghadapkan wajah si pemilik smartphone ke kamera depan. Teknologi ini pun mampu meningkatkan keamanan iPhone, sehingga tak bisa sembarangan orang yang dapat menggunakannya. Selain untuk mengaktifkan gawai, fitur ‘Face ID’ juga berlaku untuk melakukan autentifikasi aktifitas di perangkat ini, dan dalam melakukan pembayaran digital dengan Apple Pay.

Perbedaan paling mencolok ada pada desain bezel-less, sehingga tak ada lagi home button. Bodinya pun berbalut stainless steel. Sedang layar berjenis OLED dengan ukuran 5,8 inci, resolusi 2436 x 1125 piksel, dan didukung teknologi Super Retina display. Kameranya pun sangat handal, dengan dual camera sama-sama bersensor 12 megapiksel dan memiliki kemampuan wide angle dan tele photo. Sedang kamera depan bersensor 7 megapiksel, namun juga telah didukung fitur Portrait Lighting.

Untuk spesifikasi lain, hampir sama dengan varian iPhone 8 Plus, termasuk chipset A11 Bionic yang diklaim paling kuat dan terpintar yang pernah disematkan pada smartphone, sistem operasi terbaru iOS 11, RAM 3GB dengan pilihan memori 64GB dan 256GB, fitur fast-charging dan wireless charging, hingga fitur anti air dan anti debu. Namun, bicara soal harga, pastinya iPhone X lebih mahal; 999 dolar AS (Rp 13,2 juta) untuk versi 64GB dan 1149 dolar AS (Rp 15,1 juta) untuk versi 256GB. Jika tertarik, iPhone X sudah bisa diorder mulai 27 Oktober dan tersedia pada 3 November 2017 nanti.

Beri Komentar