iPhone 8 dan iPhone 8 Plus dengan dengan Chipset A11 Bionic Paling Handal

0
457

Apple akhirnya resmi memperkenalkan produk smartphone terbarunya dalam Apple Special Event kedua pada tahun 2017, yang digelar Selasa (12/9/2017) di Steve Jobs Theater, Cupertino, California, Amerika Serikat. Ada enam produk anyar yang dirilis Apple dalam acara tersebut; empat perangkat keras dan dua perangkat lunak. Salah satunya adalah iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Dua seri terbaru dari generasi iPhone ini menjadi produk paling ditunggu-tunggu penggemar Apple di seluruh dunia.

Seperti pendahulunya, seri ponsel cerdas ini pun hadir dalam dua varian; iPhone 8 dengan RAM 2 GB dan iPhone 8 Plus dengan RAM 3 GB. Dikutip dari laman resmi Apple.com, Jumat (15/9/2017), ada peningkatan signifikan pada spesifikasi dan fitur kedua produk ini, termasuk chipset A11 Bionic, yang diklaim paling kuat dan paling pintar yang pernah disematkan pada smartphone. Selain itu, ada fitur menarik, yakni kemampuan anti air dan anti debu, dan sudah dibekali sistem operasi terbaru iOS 11.

Untuk penampilan, secara keseluruhan memang tidak banyak berubah dari seri sebelumnya. Kedua produk ini hadir mengusung desain dengan body yang sudah dilapisi full kaca. Salah satu perbedaan mendasar keduanya ada pada ukuran. iPhone 8 berukuran lebih kecil dengan layar 4,7 inci, sedang iPhone 8 Plus membawa layar 5,5 inci. Meskipun sama-sama dibekali dengan teknologi Retina HD, namun resolusinya ternyata berbeda. iPhone 8 dengan 750 piksel, dan iPhone 8 Plus  1080 piksel.

Perbedaan lain ada pada kemampuan kameranya. Keduanya memang dilengkapi dengan kamera utama 12 megapiksel dan kamera depan 7 megapiksel. Namun, iPhone 8 Plus lebih unggul. Selain didukung dual camera, alias ada dua kamera di belakang dengan sensor yang sama, kemampuannya juga jauh lebih hebat. Kamera utamanya ini mampu mengambil foto wide-angle dengan bukaan f/1.8 dan foto tele dengan bukaan f/2.8. Kemudian, juga ada fitur Portrait Lighting yang disediakan.

Tak hanya itu, daya tahan baterainya juga berbeda. iPhone 8 hanya mampu bertahan 14 jam dalam kondisi talk time, sedang iPhone 8 Plus hingga 21 jam. Namun, sudah didukung kemampuan fast-charging yang bisa mengisi baterai hingga 50 persen dalam 30 menit, dan pengisian baterai nirkabel. Kedua produk sudah bisa dipesan mulai 15 September dan tersedia pada 22 September 2017 dengan pilihan warna silver, gol, dan space gray. Harganya, mulai 699 dolar AS (Rp 9,1 juta) untuk iPhone 8 dan mulai 799 dolar AS (Rp 10,5 juta) untuk iPhone 8 Plus, dengan pilihan memori 64 GB dan 256 GB.

Beri Komentar