Berkenalan Dengan DoQar, Startup Penyedia Layanan Iklan di Kendaraan

Industri periklanan di Indonesia merupakan salah satu subsektor ekonomi kreatif dengan pertumbuhan tertinggi, dari data yang dikeluarkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Rencana Pengembangan Periklanan Nasional 2015-2019. Peluang ini dilirik oleh dua kawan yaitu Freddy Gunawinata dan Eko Mulyanto yang kemudian mendirikan DoQar, startup yang melayani pemasangan iklan di kendaraan.

Terinspirasi dari layanan pemasangan iklan di Amerika Serikat yaitu Wrapify, mereka memikirkan konsep yang sama untuk diterapkan di tanah air, apalagi kota kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya terkenal sangat padat dengan penduduk dan kendaraan.

“Di tahun 2016, biaya belanja iklan naik sebesar empat belas persen dari tahun sebelumnya. Para perusahaan ingin memilih media yang bisa menjangkau lebih banyak konsumen untuk mengenalkan produk atau jasa mereka,” ungkap Eko seperti dikutip dari TechInAsia.

Di Jakarta sendiri, para pekerja bisa menghabiskan waktu selama empat ratus jam per tahun untuk perjalanan pulang dan pergi ke tempat kerja. Hal inilah yang membuat mereka memulai mengembangkan startup iklan di Kendaraan dengan nama DoQar. Tepat setahun yang lalu (Agustus 2016), DoQar didirikan oleh 2 orang yang mengisi 2 jabatan, Eko menjadi VP Business Development, sedangkan Freddy menjabat sebagai Managing Director.

Sejak launching yang dilakukan pada tanggal 14 Februari 2017 lalu, DoQar sudah memiliki 3000 mitra pengemudi yang terdaftar di platform ini. “Saat ini DoQar sudah menjangkau hampir semua kota besar di Indonesia,” ungkap Eko.

Sudah banyak perusahan besar yang memasang iklannya di DoQar, seperti Trans Studio Bandung, Kimia Farma, Electronic City dan Cakrawala Proteksi.

Bagaimana cara mendaftar mitra DoQar ?

Untuk pemilik mobil yang ingin bergabung menjadi mitra DoQar, cara pendaftarannya sangat mudah, pertama, kunjungi http://www.doqar.com/ lalu klik Sign Up, atau download aplikasi DoQar di Google Play Store.

Isi data diri secara lengkap, lalu lengkapi data kendaraan mulai dari tipe, warna dan lain-lain, terakhir, anda harus memasukkan tempat yang paling serng anda kunjungi menggunakan kendaraan anda. Tunggu proses verifikasi yang dilakukan oleh tim DoQar, jika sudah disetujui, anda bisa mengikuti campaign dan memulai mendapatkan penghasilan dari tiap perjalanan anda.

Dapatkan berita startup dan gadget terbaru ke inbox kamu!

Baca Juga

Oppo Find X2 Lite Belum Rilis, Ini Bocoran Desain dan Spesifikasinya

Setelah merilis ponsel super pada Maret lalu bertajuk Oppo Find X2 dan Find X2 Pro, Oppo kembali berinovasi dengan akan meluncurkan versi...

Galaxy Buds Plus, Earphone TWS Samsung Terbaru

Februari lalu Samsung telah merilis lini ponsel flagship terbarunya seperti Galaxy S20 dan Galaxy Z Flip. Namun, tak berhenti sampai di sana,...

Bingung Pesan Makanan di mana? Cek Google Maps Aja!

Di tengah pandemi COVID-19, masyarakat diimbau untuk tetap berada di dalam rumah dan mengurangi aktivitas yang melibatkan banyak orang. Kebijakan ini tentu...

Y50, Vivo Luncurkan Ponsel Layar Punch Hole

Vivo sebagai salah satu raksasa smartphone dari China kembali meluncurkan ponsel berkelas beratjuk Vivo Y50. Ini adalah ponsel kelas menengah yang dipasarkan...

Tak Cukup PS5, Kini Sony Siapkan Controller DualSense

Sony baru saja mengumumkan bahwa mereka akan menawarkan wujud baru Controller Playstation 5 bernama DualSense. DualSense memiliki desain baru dan lebih megah...