Google Indonesia melalui acara rutin tahunannya “Google for Indonesia” resmi meluncurkan tiga produk dan layanan baru untuk masyarakat tanah air. Ketiga produk tersebut adalah Google Station Wi-fi, Youtube Go dan Google Assistant yang kini sudah memiliki kemampuan mengenali dan mengucapkan bahasa Indonesia.

Managing Director Google Indonesia, Tony Keusgen mengatakan bahwa Google selalu berusaha untuk memudahkan penyajian informasi bagi masyarakat Indonesia, “Tujuan kami di Google adalah membangun teknologi bukan untuk beberapa orang saja, tapi untuk semua orang”. Seperti dikutip dari DailySocial.

Upaya yang dilakukan oleh Google Indonesia adalah memberikan akses internet yang lebih baik, mempermudah akses informasi yang akurat dan relevan, serta memberikan lebih banyak cara bagi masyarakat Indonesia untuk memperoleh manfaat dari Internet. Hal itu tercermin dari 3 produk dan layanan yang mereka luncurkan yaitu Google Station, Youtube Go dan Google Assitant. Mari kita ulas bersama.

Google Station
Google Station adalah sarana hotspot Wi-Fi yang disediakan oleh Google secara gratis. “Kami ingin mendorong orang baru untuk go online sebanyak mungkin. Indonesia dan India memiliki masalah yang serupa, makanya kami banyak tes produk baru di kedua negara ini,” ungkap Zuber Mohammad, Head of Youtube Marketing for Next Billion User seperti dikutip dari DailySocial.

Di tahun pertamanya, Google akan menyediakan titip hotspot gratis di ratusan titik yang tersebar di Jawa dan Bali, program ini bekerjasama dengan dua mitra yaitu FiberStar dan CBN.

YouTube Go

Platform Video Sharing Youtube memang sangat populer di Indonesia, statistik dari App Annie menyebutkan bahwa ada 50 juta user yang aktif mengakses Youtube di Indonesia setiap bulannya.

YouTube Go adalah aplikasi mobile yang didesain khusus untuk memberikan akses menonton video yang lebih hemat data. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan informasi dan kontrol untuk konsumsi data di tiap video. Pengguna juga dapat menyimpan secara offline untuk melihat video tanpa koneksi internet.

Google Assistant dalam Bahasa Indonesia
Produk asisten pribadi Google Assistant hadir kini dilengkapi dengan kemampuan bahasa Indonesia. Product berbasis kecerdasan buatan (Aritificial Intelligence) dan Machine Learning ini memungkinkan pengguna dapat berinteraksi menggunakan bahasa Indonesia, seperti menanyakan cuaca, mencari tempat makan hingga bermain game.

Selain ketiga produk diatas, Google juga menyempurnakan beberapa produk lainnya seperti Google Search dan Waze, Google juga berkomitmen untuk mematuhi aturan yang berlaku di Indonesia.

Dari ketiga produk dan layanan baru diatas, mana yang menjadi favorit kamu ?

Beri Komentar