Smartphone telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Namun, sebagian besar orang hanya menggunakan perangkat tersebut untuk hal-hal yang biasa. Selain menelepon dan mengirim SMS, biasanya digunakan untuk chatting, mengakses internet, memotret, main game, atau memutar musik. Padahal, masih ada banyak lagi fungsi dari ponsel cerdas yang belum diketahui penggunanya.

Bahkan, tidak sedikit pula fungsinya tersebut sama sekali tak pernah diduga selama ini. Fungsi-fungsi yang tak diduga itu ternyata bisa dilakukan gadget tersebut. Padahal, para pengguna hanya perlu menambahkan aplikasi tertentu pada perangkat agar bisa mendapatkan fungsi unik dan bermanfaat itu. Seperti berikut ini, tujuh kemampuan smartphone yang tak pernah kita bayangkan selama ini.

1. Pendeteksi detak jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu ‘pembunuh’ terbesar di dunia. Makanya, banyak orang yang waspada, dan rutin melakukan check-up ke rumah sakit untuk memeriksa detak jantungnya. Padahal smartphone pun ternyata juga bisa melakukan fungsi itu, sebagai alat pendeteksi jantung. Caranya, gunakan aplikasi, lalu letakkan jari di lampu flash pada kamera, dan nyalakan selama beberapa detik.

2. Pengecek kebocoran

Ada bagian yang bocor di rumah Anda? Jika masih kesulitan mencari titik kebocoran tersebut, maka smartphone pun bisa diandalkan. Ponsel cerdas ini ternyata bisa diubah jadi mesin detektor hanya dengan bantuan aplikasi FLIR ONE thermal imaging camera pada kameranya. Dengan cara ini, maka akan lebih mudah untuk medeteksi kebocoran yang terjadi pada jendela, atap, tembok, dan lantai.

3. Jadi microphone laptop

Jika tidak memiliki microphone untuk digunakan pada laptop, maka smartphone bisa dimanfaatkan sebagai penggantinya. Aplikasi WO Mic akan membuat ponsel cerdas mampu menjalankan fungsi microphone laptop. Cara penggunannya pun tidaklah susah. Anda hanya perlu menggunakan fitur USB Debugging untuk mengaktifkan microphone alternatif tersebut, dengan kualitas yang tak kalah.

4. Sebagai mouse komputer

Tidak hanya jadi microphone, smartphone pun juga bisa diubah menjadi mouse untuk komputer dan laptop. Ada banyak aplikasi mouse PC di Google Play Store yang bisa dimanfaatkan untuk mengubah ponsel cerdas Android menjadi mouse. Ada tiga cara yang bisa dilakukan; melalui USB, Bluuetooth, dan Wi-Fi. Ketiga fitur tersebut bisa digunakan untuk menjadikan Android sebagai mouse komputer.

5. Melacak lokasi seseorang

Jika Anda ingin melacak lokasi pacar, teman atau keluarga, ternyata juga bisa melakukannya dengan menggunakan smartphone Android. Jadi, tak perlu lagi repot menanyakannya melalui SMS atau chat. Caranya, dengan memanfaatkan fitur GPS. Selain itu, juga harus meng-install aplikasi Zenly Locator – Realtime GPS. Namun, ada syaratnya, bahwa orang yang akan dilacak juga menggunakan aplikasi ini.

6. Jadi CCTV

Ternyata smartphone juga bisa dimanfaatkan menjadi CCTV alternatif. Ada cukup banyak aplikasi di Google Play Store yang bisa digunakan untuk mengubah ponsel cerdas Android jadi CCTV dengan. Namun, untuk bisa mendapatkan fungsi ini, Anda harus memiliki dua smartphone yang sudah di-install aplikasi CCTV. Perangkat pertama sebagai CCTV, sedang yang kedua untuk mengontrolnya.

7. Pengusir Tikus

Fungsi smartphone yang satu ini pastinya sama sekali tidak pernah dibayangkan oleh para pengguna ponsel cerdas ini. Namun, ternyata perangkat ini memang bisa digunakan sebagai pengusir tikus. Dengan memanfaatkan aplikasi Anti Rat, maka Anda pun bisa mengusir tikus dengan mudah. Aplikasi ini menghasilkan suara ultrasonic yang sangat tak disukai tikus dan dapat merusak pendengarannya.

Beri Komentar