Cara Mudah Mengadukan Konten Negatif Secara Online

0
554

Dewasa ini, penggunaan sosial media sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, di rumah, kantor, maupun di sekolah, hampir semuanya mengakses internet. Sayangnya, hal ini dimanfaatkan beberapa oknum untuk menyebarkan kebencian (hate speech), berita bohong (hoax) dan konten negatif lainnya. Untuk menanggulangi hal tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) memperkenalkan sistem yang bisa digunakan masyarakat untuk melaporkan konten negatif secara online.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara megatakan bahwa sistem baru ini menggunakan sistem ticketing yang membuat setiap aduan masyarakat bisa terlacak, berbeda dengan metode sebelumnya yang hanya menggunakan email. “Sistem baru ini berbeda dari sebelumnya yang berbasis email, terkadang laporan aduannya hilang karena tak terlacak. Namun dengan sistem baru ini, masyarakat dapat mengetahui sejauh mana proses aduan yang dilakukan lewat situs resmi Kemkominfo,” ungkapnya ketika acara soft launching sistem ticketing aduan konten negatif seperti dikutip dari liputan6.com.

Sistem baru ini dapat diakses melalui alamat aduankonten.id, untuk mulai melaporkan, pengguna diwajibkan untuk mengisi identitas lengkap meliputi nama, alamat email dan password, pengguna juga wajib untuk melakukan verifikasi dengan memasukkan nomor induk KTP. Metode ini tentunya mengalami peningkatan dari segi transparansi dan keamanan, karena sebelumnya pelapor bisa bersifat anonim. Kedepannya, ada rencana untuk mengintegrasikan data pelapor dengan sistem Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

Bagaimana untuk melaporkan konten negatif ?

Setelah melakukan pendaftaran dan verifikasi email + nomor KTP, pengguna bisa langsung melapor dengan mencantumkan bukti konten negatif berupa screenshot, ‚ÄúPelapor tinggal membuat aduan beserta alasan sebuah situs harus ditutup. Masyarakat bisa membuat beberapa laporan sekaligus karena kami tak hanya menyediakan satu kolom. Pelapor juga harus mengunggah screen capture dari situs tersebut,” ujar Yessi Arnez, Kepala Bidang Sistem dan Data Kemkominfo.

Laporan yang masuk akan terlebih dahulu ditinjau oleh pihak Kemkominfo, jika konten negatif berada di situs atau aplikasi, maka akan dimasukkan kedalam daftar hitam, jika pengaduannya berbasis sosial media, maka kemkominfo akan mengirimkan penapisan ke penyelenggara layanan.

Sementara ini, sistem hanya berbentuk website, kedepannya, akan dikembangkan sistem pengaduan berbasis mobile, Selain melalui situs resmi Kemkominfo, pelaporan konten negatif dapat pula dilakukan dengan WhatsApp di nomor 08119224545 dan alamat email aduankonten@mail.kominfo.go.id.

Sumber :
http://tekno.liputan6.com/read/3060186/aduan-konten-negatif-kian-mudah-dan-transparan-ini-caranya

Beri Komentar