Ini 5 Smartphone Android dengan Daya Tahan Baterai Terbaik

Penggunaan smartphone dewasa ini yang sudah seperti menjadi kebutuhan utama dalam aktifitas sehari-hari, membuat para pengguna menginginkan perangkat dengan baterai yang unggul. Dengan begitu, ponsel cerdas tersebut bisa bertahan sepanjang hari meskipun terus-menerus digunakan. Berikut lima smartphone Android dengan daya tahan baterai terbaik hasil pengujian PhoneArena.

1. LG X Power

Produk ini diklaim sebagai smartphone Android dengan daya tahan baterai paling lama di dunia saat ini. Daya baterai LG X Power ternyata mampu bertahan selama 15 jam 18 menit saat diuji dengan script khusus, mengalahkan Apple iPhone 6s dan Samsung Galaxy S7 Edge. Kemampuan itu berkat baterai berkapasitas 4100 mAh yang dimilikinya, didukung chipset hemat daya MediaTek MT6735. Bahkan, LG sendiri pun mengklaim baterai milik perangkat berlayar 5,3 inci ini bisa bertahan selama dua hari dalam penggunaan sehari-hari. Harganya? Cuma 200 dolar AS, atau sekitar Rp 2,7 jutaan.

2. BLU Studio Energy

Meski tak terkenal, ternyata BLU Studio Energy ini sangat tangguh dalam hal daya tahan baterainya. Dalam penggunaan ekstrim, daya baterainya bisa bertahan selama 14 jam 53 menit, dengan bekal baterai jenis Li-Ion removable berkapasitas 5000 mAh. Sayangnya, spesifikasinya masih jauh dari kata mewah; yakni layar berteknologi IPS 720 piksel dan berukuran 5 inci, prosesor quad-core 1,3 GHz dengan pengolah grafis Cortex A7, RAM 1 GB dan memori internal 8 GB, serta kamera utama 8 megapiksel dan kamera depan 2 megapiksel. Tidak salah jika smartphone tak banyak jadi sorotan.

3. Motorola Moto Z Play Droid

Baterai yang dimilikinya hanya berkapasitas 3510 mAh. Namun, Motorola Moto Z Play Droid ini bisa bertahan hingga 13 jam 43 menit dalam pengujian ekstrim. Smartphone modular pertama Motorola ini memang diproduksi secara khusus sebagai ponsel cerdas hemat baterai. Dukungan lain diberikan layar Super AMOLED dan chipset Snapdragon 625 pada dapur pacunya, yang mampu bekerja cepat namun hemat daya. Makanya, meski pun layarnya berukuran 5,5 inci berteknologi Full HD, dengan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB, perangkat ini pun tetap tangguh untuk digunakan sehari-hari.

4. Xiaomi Redmi 3s

Daya tahan baterainya mencapai 13 jam 39 menit dalam pengujian dengan script khusus. Sayangnya, selain baterai jenis Li-Ion non-removable berkapasitas 4100 mAh yang dimilikinya, tak ada bagian lain yang bisa dibanggakan pada spesifikasi Xiaomi Redmi 3s ini. Smartphone berbasis sistem operasi Android Marshmallow v6.0.1 ini hanya dibekali dengan layar jenis IPS 720 piksel berukuran 5 inci, chipset Snapdragon 430 berkekuatan octa-core 1,4 GHz, RAM 2 GB yang didukung memori internal 16 GB, serta kamera utama 13 megapiksel dilengkapi LED flash dan kamera depan 5 megapiksel.

5. Samsung Galaxy A7 (2017)

Keunggulan baterai Samsung Galaxy A7 (2017) ini dihasilkan oleh kombinasi baterai berkapasitas 3600 mAh, layar Super AMOLED, dan chipset Exynos 7880, sehingga bisa bertahan 12 jam 58 menit selama pengujian. Bicara spesifikasi, smartphone ini tidak akan mengecewakan. Perangkat berbasis sistem operasi Android Marshmallow v6.0.1 ini unggul dengan layar Full HD 5,7 inci, prosesor octa-core 1,4 GHz, RAM 3GB dengan dukungan memori internal 32 GB, serta kamera utama dan depan sama-sama 16 megapiksel. Selain itu, juga sudah bersertifikasi IP68 yang berarti tahan air dan debu.

Dapatkan berita startup dan gadget terbaru ke inbox kamu!

Baca Juga