Bingung Ide Startup ? Cari Masalah Yang Sudah Tervalidasi di Tonggak.id

0
946
Tampilan Tonggak.id

Akhir-akhir ini, banyak startup yang muncul di permukaan, tapi juga tidak jarang startup tersebut gagal menjalankan bisnisnya karena kurangnya data yang tervalidasi, untuk mengatasi masalah tersebut, Satu Data Indonesia Kantor Staf Presiden (SKIKSP), Universitas Gadjah Mada dan Kibar menginisiasi peluncuran Tonnga.id, sebuah platform yang menampilkan daftar masalah di Indonesia yang sudah tervalidasi.

Launching Tonnga.id. Sumber : Twitter @datagoid

Tonggak.id merupakan wadah berkumpulnya akademisi, peneliti dan komunitas untuk saling berkolaborasi untuk mengumpulkan data masalah yang ada di Indonesia dan mengubahnya menjadi solusi. Tonggak.id menjadi jawaban atas kebutuhan pelaku startup yang kesulitan dalam mencari data real.

Co-Founder Tongga.id Octa Ramayana berharap agar Tonggak.id bisa membuat semua orang menjadi lebih “melek data”, dengan kemudahan untuk mengakses data, pelaku startup akan mudah dalam membuat solusi berdasarkan masalah yang sesuai kondisi aslinya

Saat ini Tonggak.id menyediakan 6 kategori masalah, semuanya berdasarkan pada program prioritas presiden, yaitu ketahanan pangan, maritim, pendidikan, kesehatan, kebudayaan dan logistik. Data-data yang ditampilkan merupakan hasil riset kolabratif dari akademisi kampus, lembaga pemerintah dan komunitas.

 

Dalam prosesnya, Tonggak.id memiliki 4 tahap yang saling berkesinambungan, langkah pertama SDIKSP mengajukan masalah yang ditemukan di lapangan. Temuan ini kemudian diproses oleh para peneliti dari akademisi untuk divalidasi, setelah itu proses pengayaan dan penyebaran data dilakukan oleh startup, kemudian data tersebut dapat lengsung dieksekusi oleh komunitas dan startup.

Tampilan masalah tervalidasi di tonggak.id

 

Baca juga : Bekraf Siapkan Dana Hibah Untuk Dukung Permodalan Startup

Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden Robertus Theodore mengatakan bahwa hambatan yang saat ini dialami adalah sulitnya melakukan keterbukaan data dari internal pemerintah daerah, sebagian besar pemimpin daerah masih menganggap bahwa data bisa didapatkan ketika ada pihak yang memintanya langsung. Saat ini hanya ada beberapa daerah yang sudah mendukung dan menerapkan konsep keterbukaan data, diantaranya Bandung, Yogyakarta dan Pontianak.

Robertus menjelaskan, dengan adanya inisiatif dari SDIKSP dalam kolaborasi membangun Tonggak.id menunjukkan upaya pemerintah dalam mendorong reformasi keterbukaaan data di Indonesia, ia percaya bahwa data akan lebih bernilai jika data tersebut sudah dimanfaatkan oleh banyak pihak untuk membuat solusi bagi masalah yang dialami masyarakat.

Sobat webhouzz, sudahkah kamu mengunjungi Tonggak.id ? Bagaimana pendapatmu tentang peluncuran Tonggak.id ?

Beri Komentar