7 Cara Mencari Dana Untuk Startup Kamu

Menjalankan startup adalah salah satu cara yang tepat untuk mendapatkan pengalaman baru dan juga menghasilkan pendapatan. Gagasan ini tentunya sudah dipikirkan oleh banyak orang, namun hanya sedikit yang berani mengeksekusi ide startupnya menjadi kenyataan. Masalah umum yang dihadapi oleh sebagian orang adalah bagaimana cara mendapatkan dana untuk memulai startup ? Berikut adalah 7 Cara Mencari Dana Untuk Launching Startup dikutip dari artikel Sarah Landrum pada Entrepreneur.com.

1. Menjalin Kerjasama

Mencari Dana Untuk Startup
Business handshake

Metode pertama ini adalah cara yang paling banyak dilakukan, menjalin kerjasama dengan partner adalah pilihan terbaik. Hal yang harus diperhatikan adalah perjanjian awal yang harus disetujui bersama, apakah partner memiliki peran aktif dalam setiap pengambilan keputusan atau hanya sebagai investor saja.

2. Mengajukan Pinjaman
Dalam beberapa kasus, mengajukan pinjaman kepada bank mungkin satu-satunya pilihan yang kamu miliki, apalagi jika kamu tidak memiliki partner yang bisa diajak kerjasama dalam hal pendanaan dana. Hal yang harus kamu perhatikan jika mengambil pinjaman dari bank adalah tentang bunga dan deadline pelunasan.

3. Coba Metode Crowdfunding
Konsep baru pencarian dana yang saat ini sedang banyak digunakan untuk mendanai usaha baru, mulai dari perangkat IoT hingga pendanaan film, memasang campaign di situs crowdfunding seperti kickstarter adalah salah satu usaha yang harus dicoba. Puluhan bahkan ratusan ide brilian sudah selesai didanai, bahkan Oculus Rift dari Microsoft berhasil mendapatkan $2,4 juta dari crowdfunding.

4. Manfaatkan Kartu Kredit
Jika kamu adalah pemegang kartu kredit,, kamu bisa memanfaatkannya untuk keperluan startup, Saat ini banyak sekali program yang memberikan benefit lebih pada pemegang kartu kredit untuk keperluan usaha.

5. Dapatkan dana dari pemerintah
Jika kamu yakin idemu akan menjadi startup yang berhasil dan bermanfaat bagi orang banyak, kamu bisa mengajukan bantuan dana kepada pemerintah.

6. Ikut Perlombaan Startup

Plug n Play Indonesia

Saat ini banyak sekali kompetisi startup yang memberikan banyak hadiah, tidak hanya uang, tapi juga mentor berpengalaman yang akan memberikan banyak pelajaran berharga.

7. Ikuti Program Startup
Program startup contohnya adalah program inkubator atau akselerator yang saat ini juga banyak digelar oleh venture capital maupun pemerintah.

Untuk kamu yang saat ini sedang memiliki ide startup dan berniat mewujudkannya, semoga artikel 7 Cara Mencari Dana Untuk Launching Startup diatas bermanfaat.

Dapatkan berita startup dan gadget terbaru ke inbox kamu!

Baca Juga

Oppo Find X2 Lite Belum Rilis, Ini Bocoran Desain dan Spesifikasinya

Setelah merilis ponsel super pada Maret lalu bertajuk Oppo Find X2 dan Find X2 Pro, Oppo kembali berinovasi dengan akan meluncurkan versi...

Galaxy Buds Plus, Earphone TWS Samsung Terbaru

Februari lalu Samsung telah merilis lini ponsel flagship terbarunya seperti Galaxy S20 dan Galaxy Z Flip. Namun, tak berhenti sampai di sana,...

Bingung Pesan Makanan di mana? Cek Google Maps Aja!

Di tengah pandemi COVID-19, masyarakat diimbau untuk tetap berada di dalam rumah dan mengurangi aktivitas yang melibatkan banyak orang. Kebijakan ini tentu...

Y50, Vivo Luncurkan Ponsel Layar Punch Hole

Vivo sebagai salah satu raksasa smartphone dari China kembali meluncurkan ponsel berkelas beratjuk Vivo Y50. Ini adalah ponsel kelas menengah yang dipasarkan...

Tak Cukup PS5, Kini Sony Siapkan Controller DualSense

Sony baru saja mengumumkan bahwa mereka akan menawarkan wujud baru Controller Playstation 5 bernama DualSense. DualSense memiliki desain baru dan lebih megah...