Jawab 7 Pertanyaan Ini Sebelum Memulai Startup Sampingan (Side Project)

0
820
Sumber gambar : Startup Success Stories

Apakah kamu yakin bisa membuat startup sampingan saat kamu sedang bekerja sebagai anggota tim startup yang sudah ada ? Berikut adalah 7 pertanyaan yang wajib kamu jawab sebelum memulai startup sampingan.

1. Bagaimana Tanggungjawabmu ?

Kamu saat ini memiliki banyak tanggungjawab pekerjaan yang harus diselesaikan, jika kamu ingin memulai startup sampingan, kamu tidak bisa menyerahkan begitu saja tanggungjawabmu kepada orang lain. Solusinya adalah mengurangi aktivitas yang kurang penting, apalagi jika jabatan yang kamu pegang saat ini lumayan tinggi dengan pekerjaan yang banyak, sehingga tidak mungkin untuk segera meninggalkan perusahaan tersebut.

Semua orang memilki waktu yang sama yaitu 24 jam dalam sehari, jadi mengatur waktu adalah kunci untuk memulai startup sampingan walaupun masih bekerja di startup lain.

2. Apakah kamu memiliki passion di bidang ini ?
Memulai startup tidaklah mudah, apalagi jika kamu saat ini bekerja di tempat lain, jangan membuat startup dengan niat memperoleh uang saja, itu tidak cukup untuk membuatnya bertahan dari tantangan kedepan. Maka dari itu, pastikan bahwa bidang yang kamu geluti adalah bidang yang sangat kamu senangi dan memiliki prospek yang cerah dalam bisnis. Jika kamu tidak bisa membayangkan kondisi bisnismu akan bertahan dalam 10 tahun, maka carilah ide yang lain.

3. Dari mana sumber dana yang kamu peroleh ?
Pendanaan adalah salah satu faktor krusial dalam membangun startup. Apakah kamu sudah memikirkan tentang pendanaan dari startup yang ingin kamu dirikan ? Jika sudah memiliki dana sendiri, sampai kapan kira-kira bisnis tersebut akan berjalan ?

4. Sumber daya apa lagi yang diperlukan ?
Buatlah aset yang kamu miliki saat ini, kebutuhan apa saja yang sudah terpenuhi dan apa saja yang belum. Jika sudah, hitung estimasi dana yang dibutuhkan untuk memnuhi kebutuhan yang belum tersedia, dan bagaimana cara memperoleh dananya ?

5. Siapakah pelanggan ideanya ?
Buatlah gambaran tentang siapa pelanggan potensial yang akan menggunakan produk atau jasa dari startup yang kamu buat, mulai dari demografik, karakteristik dan motivasinya. Dengan mengenali gambaran customer potensial, maka kamu akan lebih mengerti langkah selanjutnya.

6. Masalah apa ingin kamu pecahkan ?
Setelah membuat gambaran calon pelanggan, selanjutnya adalah menggali solusi dari permasalahan apa yang ingin kamu tawarkan kepada mereka. Membuat tujuan yang jelas dapat mempermudah komunikasi dengan calon pelanggan secara langsung.

7. Apakah sudah ada yang mencoba hal ini ? Bagaimana hasilnya ?
Cari referensi apakah sudah ada yang mencoba solusi ini ? atau paling tidak yang mendekati ide yang kamu tawarkan. Bagaimana hasilnya ? Jika sudah menemukan seseorang yang sudah melakukannya, tidak ada salahnya untuk menghubunginya untuk belajar tentang bagaimana ia membangun bisnis tersebut.

Itu dia 7 Pertanyaan yang haru kamu jawab Sebelum Memulai Startup Sampingan (Side Project). Semoga bermanfaat.

 

Beri Komentar