5 Tips Mengindari Kegagalan Startup dari Kumpulan Founder Sukses

0
407

Memiliki ide untuk memulai startup ? khawatir jika melakukan hal yang salah ? kamu tidak sendirian, ada ribuan orang diluar sana yang juga bekerja untuk mensukseskan startup yang telah mereka bangun. Mulai dari menyusun rencana bisnis, mencari rekan kerja yang tepat hingga mencari dana dari investor. Berikut adalah 5 tips menghindari kegagalan startup dari kumpulan founder sukses, mulai dari Envato, Dribbble, hingga Treehouse.

1. Mulailah startup dengan misi dan tujuan

Sumber foto : knowstartup.com

Alan Johnson (Treehouse)
Hal paling utama dalam memulai perusahaan (startup) adalah misi yang dibawa, tidak hanya untuk membangun produk atau jasa yang baik, tapi juga harus dilandasi dengan tujuan yang ingin dicapai.
Alan mencontohkan saat ia membangun Treehouse, misinya adalah membuat pendidikan tentang teknologi dapat diakses lebih banyak orang di dunia.

Rich Thornett, Dan Cederholm (Dribbble)
Mulailah dengan menciptakan solusi dari permasalahan yang ada, fokus dengan satu masalah tersebut, lalu temukan solusinya, hal ini kemudian akan memunculkan “value” dari ide tersebut. Setelah itu rumuskan business modelnya.

2. Temukan Niche

Christian Reber (6Wunderkinder)
Temuka niche atau topik/bidang yang ingin digeluti oleh startup tersebut, segera mulai ketika sudah menemukan ide yang layak untuk dieksekusi, jangan targetkan semua orang untuk menjadi target pasar, tapi fokuslah dengan pasar yang sesuai dengan niche yang sudah dipilih

3. Tidak ada yang tidak mungkin

Pete Weijmarshausen (Shapeways)
Memulai startup adalah pekerjaan yang tidak mudah, akan selalu ada beberapa orang yang mengatakan ide tersebut tidak mungkin, Pete menceritakan saat awal membangun Shapeways, ia menawarkan ide software dengan kompleksitas tinggi kepada developer, banyak diantara mereka yang tertawa dan mengatakan itu tidak mungkin. Pete tidak mengambil jawaban tersebut dan akhirnya ia menemukan tim yang bekerja keras hingga ide tersebut berhasil terwujud. Jadi tidak ada yang tidak mungkin

4. Bekerjasama dengan Co-founder

Business handshake

Gleb Budman (Blackbaze)
Banyak orang mengatakan bahwa memiliki cofounder sama dengan menikah. Tapi, terkadang, beberapa melakukan kesalahan dalam memilih orang yang tepat. Solusinya adalah dengan sering bekerja bersama dan adakan pembicaraan tentang tujuan masing-masing, Tanyakan juga tentang ekspektasi tentang jam kerja, keputusan funding dan lain-lain

Collis, Cyan Ta’eed (Envato)
“Jika kamu memiliki cofounder, pastikan kamu mendokumentasikan segalanya, mulai dari pembagian kepemilikan, gaji, hingga kesepakatan lainnya.

5. Jangan terlalu lama membuat rencana.

Levi Cooperman (Freshbooks)
“Plan while you can, launch as soon as possible, and make changes as you go”. Lakukan sekarang, membuat perencanaan bisnis adalah hal yang baik, tapi jangan stuck membuat rencana hingga waktu yang lama. Buat sesuatu dan cepat luncurkan secepat mungkin, feedback dari pengguna akan memberikanmu sesuatu yang memuaskan.

 

Beri Komentar