Opera Umumkan 4 Fakta Penggunaan Browser Mobile di Indonesia

0
876
opera

Baru-baru ini, perusahaan browser Opera, mengumumkan temuannya tentang perilaku pengguna mobile browser di Indonesia. Hasilnya cukup mengejutkan, karena ternyata hampir setengah pengguna smartphone di Indonesia merasa tidak puas dengan browser bawaan mereka. Dalam survey “Mobile Browser Satisfaction Index”, Opera melakukan survey terhadap pengguna smartphone di enam kota besar di Indonesia yaitu : Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Makassar. Apa saja hal menarik yang ditemukan pada survey ini? Simak rangkumannya dibawah.

1. 65% pemuda Indonesia menjelajah internet 8 kali/hari
Lebih dari separuh generasi muda Indonesia, menggunakan mobile browser untuk menjelajah internet sebanyak 8 kali sehari. Hal ini tentu menguatkan laporan dari We Are Social yang menempatkan indonesia sebagai 10 negara teratas yang paling banyak menghabiskan waktu online.

2. 90% Pengguna smartphone menggunakan browser pihak ketiga

Angka ini cukup mengejutkan karena hanya 10% saja pengguna yang bertahan menggunakan browser defaultnya. Survey ini juga menemukan fakta bahwa 43% pengguna merasa tidak puas dengan browser defaultnya.ada 5 alasan mengapa banyak pengguna yang meninggalkan browser bawaan adalah karena lambat, sering crash, boros konsumsi data, sulit mencari file unduhan dan adanya iklan.

3. Aktivitas browsing yang paling digemari adalah pencarian, membaca berita dan sosial media.

Growth Director Opera Software Asia, Ivollex Hodiny juga mengungkapkan data tentang perilaku masyarakat Indonesia saat menggunakan mobile nrowser. Dengan aktivitas yang paling dominan adalah pencarian, membaca berita dan akses media sosial. Kemudian untuk 3 jenis konten yang paling banyak dicari adalah Gaya Hidup, Kesehatan dan Pendidikan.

Baca juga : Daftar Perguruan Tinggi Pencetak Pendiri Startup Sukses di Indonesia

4. Fitur penghemat data menjadi fitur favorit.

Dengan semakin seringnya melakukan browsing menggunakan smartphone, maka tidak salah jika sebanyak 45% pengguna browser menyukai fitur “Data Saver” yang digunakan untuk menghemat data. 3 Fitur favorit lainnya adalah Fitur Blokir Iklan, Bookmark dan akses langsung ke media sosial.

Itu dia 4 temuan Opera tentang kebiasaan penggunaan mobile browser di Indonesia? Apakah kamu masih setia menggunakan browser bawaan? Atau sudah berpaling menggunakan browser pihak ketiga? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar