Asports.id, Startup E-commerce Khusus Produk Olahraga

0
991
Asports

Ranah e-commerce memang terus berkembang semakin pesat belakangan ini; tidak hanya di luar negeri, tetapi juga di Indonesia sendiri. Ada banyak pemain baru yang bermunculan, bak jamur di musim hujan yang tumbuh secara masif dalam waktu pendek. Para pelaku startup ini pun datang dengan kelebihan masing-masing dari produk mereka. Tentunya, tidak sedikit pula yang mencoba menyasar segmen tertentu, agar bisa mencapai target konsumen dan mendulang keuntungan.

Salah satu pemain baru di segmen yang cukup seksi di Tanah Air adalah Asports Indonesia, yang mencoba bermain di ranah olahraga. Sebenarnya, ada banyak e-commerce besar dan pemain lama yang juga menyediakan beragam produk olahraga dalam bisnis online mereka. Apalagi, bidang olahraga memang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia, terutama cabang-cabang tertentu. Namun, hanya sedikit e-commerce yang mengkhususkan dan memfokuskan diri pada segmen ini.

Asports Indonesia yang hadir melalui medium website beralamatkan Asports.id, sepertinya melihat ini sebagai sebuah celah untuk mencari perhatian para konsumen loyal di ranah ini. Para pecinta olahraga, mungkin akan lebih merasa nyaman jika mencari kebutuhan mereka secara online melalui e-commerce yang memang khusus menjual produk-produk olahraga, sehingga tidak akan terganggu dengan produk-produk lainnya yang sama sekali tidak mereka butuhkan di saat melakukan transaksi.

“Kami ingin memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam memilih dan mendapatkan segala macam produk yang berhubungan dengan olahraga, hanya dari satu website saja,” ungkap founder sekaligus CEO Asports.id Erlangga Setia Negara menjelaskan kelebihan startupnya tersebut. Berbagai macam produk yang berhubungan dengan olahraga memang tersedia di sini, mulai dari olahraga berkelompok hingga olahraga individu. Ada banyak merek pula yang bisa menjadi pilihan.

Sejauh ini, Asports.id di bawah manajemen PT Erra Global Niaga sudah bekerja sama secara langsung dengan sejumlah distributor dan pemilik merek produk olahraga, di antaranya Specs, Mizuno, Lotto, Mitre, Piero, Molten, Head, Bodyvine, Peak, dan KAP. Dengan begitu, toko olahraga online ini pun telah menjadi distributor resmi, sehingga bisa menjamin kualitas dan keaslian setiap produk olahraga yang mereka pasarkan. Konsumen bisa memilihnya berdasarkan jenis olahraga atau apparel-nya.

Salah satu yang menarik dari Asports.id adalah layanan pemesanan custom cetak nama dan nomor punggung untuk pembelian jersey. Pemesanan ini bisa dilakukan tanpa jumlah minimum, sehingga akan tetap diterima walau hanya satu jersey. Bahkan, belakangan mereka juga menawarkan promo menarik, yaitu cetak nama dan nomor punggung gratis. “Kami juga menyediakan custom order, yang mungkin tidak dilayani kompetitor, seperti custom bola, jersey, tas, sepatu, dan lain-lain,” katanya.

Sejauh ini, sekitar 10.000 pengguna sudah terdaftar pada Asports.id sejak didirikan pada Oktober 2015. Para pengguna ini mendapatkan akun pribadi untuk melakukan transaksi. Sebagai one stop online shopping, metode pembayaran yang disediakan pun cukup lengkap, mulai dari kartu kredit, debit secara online, PayPal, hingga transfer bank. Sedangkan untuk pengiriman, pastinya melayani ke seluruh wilayah Indonesia, bekerja sama dengan beberapa perusahaan kurir, seperti JNE dan NCS.

Asports.id sendiri juga terus berupaya menarik perhatian para konsumen. Salah satu inovasi yang mereka lakukan adalah dengan menawarkan program afiliasi; selain sebagai strategi promosi untuk meningkatkan traffic ke website, juga bisa menjadi nilai tambah bagi para pelanggan yang ingin mencari pemasukan sampingan. Jadi, para pemilik website, blog, atau kanal pemasaran digital lainnya, bisa bergabung dalam program ini dengan membantu memasarkan produk dari Asports.id.

Beri Komentar