Inilah 5 Smartphone Terbaik 2016 Versi AnTuTu

    0
    977
    apple-iphone-7plus

    Berbagai jenis dan merek smartphone terus bermunculan setiap tahun. Dengan beragam teknologi yang dibawa, mereka bersaing masuk ke pasar dunia. Masing-masing punya kelebihan sendiri, mulai dari jeroan, hinga tampilan fisik, dan juga pasti harganya. Nah, dari sekian banyak ponsel cerdas yang muncul itu, tentu ada beberapa di antaranya yang menjadi terbaik. Software pengukur kinerja atau benchmark asal Taiwan, AnTuTu merilis daftar smartphone terbaik tahun 2016. Ini lima di antaranya.

    1. Apple iPhone 7 Plus

    Ponsel cerdas produksi perusahaan asal Amerika Serikat ini jadi smartphone terbaik versi AnTuTu. Meski pun sebenarnya, jika dilihat dari tiga unsur penilaian, yakni CPU, UX, dan 3D, Apple iPhone 7 Plus masih kalah dibandingkan ponsel cerdas lainnya dalam lima besar, namun nilai rata-ratanya jadi yang paling tinggi, yakni 181.316. Perangkat ini unggul berkat dukungan chipset A10, yang mampu menghadirkan performa lebih baik dibandingkan A9. Selain itu, smartphone ini dilengkapi prosesor Quad-core 2.34 GHz (2x Hurricane dan 2x Zephyr), serta pengolah grafis PowerVR Series7XT Plus.

    2. iPhone 7

    Smartphone ini adalah saudara kembar dari Apple iPhone 7 Plus. Sama dengan sang kakak, Apple iPhone 7 ini juga dibekali dengan jeroan sama, yang berjalan pada sistem operasi iOS 10.0.1. RAM yang disediakan pun sama, 2 GB, dengan pilihan memori internal 32 GB, 64 GB dan 256 GB. Namun, untuk performa CPU dan UX, sang adik lebih jago, meski nilai rata-rata keseluruhan kalah sedikit, yakni 172.001. Bisa jadi, performa CPU dan UX pada ponsel cerdas ini lebih baik dibanding sang juara karena menggunakan layar yang lebih kecil, 4,7 inchi dengan resolusi lebih rendah, 750 x 1334 piksel.

    3. One Plus 3T

    Walaupun mengantongi nilai rata-rata 163.013, namun performa CPU smartphone ini kalah telak. Kelebihannya ada pada UX yang hanya kalah dari duo Apple, dan kemampuan 3D yang malah ungul dari dua produk raksasa Amerika Serikat itu. Ponsel cerdas buatan China ini hadir dengan performa gahar berkat dapur pacunya yang dilengkapi chipset teranyar Quallcomm Snapdragon 821 dan RAM jumbo berkapasitas 6GB. Tak salah, jika perangkat ini jadi yang terbaik di tahun 2016 untuk kategori smartphone berbasis Android. Menariknya lagi, harganya pun jauh lebih murah dibanding pesaing.

    4. LeEco Le Pro3

    Kemunculan ponsel cerdas milik perusahaan China ini dalam daftar lima besar cukup mengejutkan, dengan nilai rata-rata 159.911. Pasalnya, mereka termasuk pemain baru. Tetapi, kemampuan LeEco Le Pro3 ini memang sangat memukau, berkat dukungan chipset terbaru dari Quallcomm, Snapdragon 821, yang juga dipakai oleh smartphone milik sejumlah nama besar seperti Samsung. Dapur pacunya juga didukung prosesor quad-core dengan pengolah grafis Adreno 530. Tak heran jika performa 3D-nya jadi yang terbaik, meski kemampuan CPU kalah jauh, sedang nilai UX-nya masih di lima besar.

    5. Motorola Moto Z

    Posisi terakhir dalam daftar ini diisi oleh produk dari salah satu perusahaan tertua dalam industri telekomunikasi dunia, Motorola. Pabrikan yang sempat dibeli oleh Google dan kini telah diambil alih Lenovo ini kembali menarik perhatian berkat Motorola Moto Z. Smartphone ini berhasil mencatat nilai rata-rata 148,820, di mana performa 3D-nya masuk lima besar, sedang UX di 10 besar dan CPU di 20 besar. Kelemahannya mungkin ada pada chipset-nya yang masih menggunakan edisi lama, yakni Snapdragon 820. Sedang prosesor quad-core dan pengolah grafis Adreno 530 miliknya cukup gahar.

    Beri Komentar