LocalStartupFest, Wadah Promo Produk bagi Startup Lokal

0
873
LocalStartupFest

Industri digital di Indonesia terus berkembang semakin pesat hingga saat ini. Selain meningkatnya jumlah transaksi bisnis online dari tahun ke tahun, pertumbuhan startup baru juga bisa menjadi salah satu indikator perkembangan industri digital di Tanah Air. Belakangan ini, memang ada banyak usaha baru berbasis online dalam wadah startup yang bermunculan, seiring dengan peningkatan perhatian masyarakat untuk menggunakan berbagai jenis layanan yang disediakan dalam jaringan internet itu. Namun, tidak sedikit dari startup tersebut yang gagal, karena tak maksimal dalam mendapatkan user, sehingga kemudian perencanaan terhadap dana investasi yang diraih pun berakhir dengan sia-sia.

Kondisi inilah yang melatarbelakangi Sayed Muhammad, penggagas Local.co.id, untuk menginisiasi sebuah event bertajuk ‘LocalStartupFest’. Bekerja sama dengan Komunitas #StartupLokal, kegiatan ini akan jadi wadah bagi para pegiat startup lokal di Indonesia untuk berkumpul dan mempromosikan produk mereka secara langsung kepada ribuan pengunjung yang merupakan calon user potensial. Meraih target user yang tepat dari produk yang dikembangkan, diyakini memang menjadi salah satu poin penting bagi kesuksesan sebuah startup, selain juga tentunya keberadaan partner dan investor.

“Berbeda dengan festival startup lainnya yang lebih berfokus untuk mencari partner dan investor, LocalStartupFest justru terfokus untuk menghasilkan user baru sebanyak-banyaknya kepada para startup yang bergabung. Karena itu, kami berupaya mengemas acara ini dengan gaya lebih santai dan menarik agar pengunjung yang datang berasal dari berbagai kalangan. Dengan menjadi bagian dari LocalStartupFest, para pegiat industri startup Tanah Air dapat memperkenalkan produknya secara langsung dan personal kepada puluhan ribu pengguna potensial,” kata Sayed dalam siaran persnya.

Event ini sendiri akan digelar di The Space Senayan City, tanggal 24-26 Februari 2017 mendatang. Puluhan pegiat startup besar di Indonesia yang sudah kenyang ‘asam garam’ dalam industri ini juga turut hadir untuk berbagi pengalaman, sebagai pembicara dalam workshop. Mereka di antaranya adalah Co-founder & CTO Tiket.com Natali Ardianto, CEO MatahariMall.com Hadi Wenas, CEO Bhinneka.com Hendrik Tio, Co-founder Bizzy.co.id Norman Sasono, Chairman of iDEA (Indonesia E-commerce Association) dan CEO Blanja.com Aulia Ersyah Marinto, dan masih banyak lagi yang lain.

Menariknya, selain untuk promosi produk hingga menerima umpan balik langsung dari pengguna mengenai produknya, dan belajar cara mengembangkan startup dari para praktisi yang sudah banyak pengalaman dalam industri digital, para pegiat startup lokal yang berpartisipasi juga akan mendapat kesempatan lainnya. Dalam event ini, panitia juga menyediakan waktu untuk recruitment pitch bagi startup yang ingin mencari talenta terbaik untuk bergabung bersama mereka, serta networking night yang jadi ajang bagi para pegiat startup untuk berkumpul dengan para investor dan media massa.

Tidak hanya itu saja, lebih dari 100 startup lokal yang ditargetkan ikut hadir dalam acara ini juga bisa saling bersaing dalam sesi startup pitch battle untuk mendapat berbagai hadiah menarik. Pastinya, event ini bisa jadi kesempatan terbaik bagi para pegiat startup pemula untuk mendulang ilmu dari para pelaku industri digital di Indonesia dan komentar dari para user terkait produk mereka. Dengan begitu, maka mereka pun bisa membangun dan mengembangkan startup-nya untuk user yang tepat dengan budget efisien. Nah, untuk informasi lebih lanjut mengenai event LocalStartupFest ini, Anda bisa menemukannya melalui situs www.localstartupfest.id atau akun Instagram @LocalStartupFest.

Beri Komentar