DavestPay, Solusi Alternatif untuk Pembayaran Secara Online dengan Perangkat Mobile

0
1311
DavestPay

Tren dunia bisnis saat ini secara umum memang sudah beralih dari cara offline ke sistem online. Perkembangan teknologi digital pun sangat mendukung, sehingga semua hal sudah bisa dilakukan melalui internet. Tak heran jika ranah bisnis online pun tumbuh sangat pesat, termasuk di Indonesia belakangan ini. Salah satu lini bisnis yang banyak dilirik oleh para pengembang aplikasi digital adalah pembayaran tagihan. Mulai dari kebutuhan listrik, air bersih, telepon, asuransi, hingga cicilan dan televisi kabel, harus dibayar berdasarkan tagihan yang diterima penggunanya setiap bulan. Sudah dipastikan konsumen dalam bisnis pembayaran ini sangat jelas, sehingga menawarkan peluang bisnis online yang sangat besar, yang kemudian melatarbelakangi munculnya bisnis pembayaran online.

Salah satu ‘pemain’ dalam bisnis pembayaran secara online ini adalah DavestPay, sebuah startup asal Makassar dengan bendera PT Hensel Davest Indonesia. Meski pun aplikasi DavestPay baru resmi diluncurkan pada awal tahun 2016 ini, namun perusahaan ini sendiri sudah bermain dalam bisnis pembayaran sejak tahun 2009 silam, dengan layanan pembayaran tagihan secara konvensional dan pengisian pulsa elektrik untuk ranah B2B (business-to-business). Setelah melihat perkembangan dunia internet, mereka pun kemudian beralih pada bisnis online, dengan tujuan ingin menyasar ranah B2C (business-to-consumer). DavestPay pun menawarkan solusi layanan pembayaran secara online terlengkap, dengan beragam pilihan layanan dan channel pembayaran untuk para pelanggan.

Ada beberapa pilihan pembayaran utama yang ditawarkan oleh DavestPay, yaitu pembayaran iuran BPJS, tagihan PLN (pre-paid, post-paid, dan non-taglis), tagihan PDAM, tagihan Telkom, tagihan internet, hingga pembelian tiket pesawat dan pulsa prabayar. Dalam waktu dekat, layanan pada aplikasi ini juga akan menyediakan pembelian voucher hotel dan voucher game, serta pembayaran tagihan asuransi, cicilan kendaraan bermotor, dan televisi berlangganan. Selain itu, developer DavestPay juga tengah mengembangkan fitur transfer dan peminjaman uang. Dengan semua layanan transaksi multi-biller itu, tentu akan memudahkan masyarakat untuk melakukan berbagai transaksi keuangan secara mobile, yang sebelumnya dilakukan manual dengan menghabiskan banyak waktu.

Startup ini memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk menjadi merchant atau agen resmi DavestPay dalam menjalankan bisnis ini. Setiap pendaftaran anggota akan dikenakan biaya untuk mendapatkan ID merchant. Kemudian, setiap transaksi yang dilakukan juga dikenakan komisi dalam jumlah tertentu, yang menjadi sumber dana operasional perusahaan ini. Sistem keanggotaan merchant DavestPay ini membuat cakupan wilayah bisnis yang dimilikinya jadi lebih besar. Oleh karena itu, untuk menjaga pelayanan, mereka pun membuka kantor cabang di empat kota besar di Indonesia, yakni di Jakarta, Medan, Balikpapan, dan Makassar, yang mewakili pulau-pulau besar di negeri ini. Total ada 100 karyawan yang dipekerjakan untuk menjalankan bisnis DavestPay ini.

Dengan sistem ini, setiap merchant bisa membuka usaha loket pembayaran sendiri. Sebelum bisa melakukan transaksi, para merchant harus mengisi saldo deposit dengan cara transfer ke rekening bank nasional yang telah bekerja sama. Keuntungan yang didapat setiap merchant adalah akses ke harga produk yang paling murah. Selain itu, juga ada pembagian keuntungan untuk merchant dari komisi langsung pada setiap transaksi. Ragam produk yang lebih lengkap dengan harga yang lebih murah, serta aplikasi yang berjalan multi-platform secara mobile dan web, menjadi keunggulan DavestPay. Hingga saat ini, sudah ada 10.000 merchant yang tersebar di seluruh Indonesia. Startup ini menargetkan pertumbuhan jumlah merchant bisa mencapai angka 100.000 hingga akhir tahun.

Tidak hanya itu, konsumen yang tak ingin menjadi merchant juga tetap bisa menggunakannya secara gratis, namun dengan harga produk yang sama dengan harga jual normal pada umumnya. Tertarik untuk mencoba aplikasi pembayaran online DavestPay ini? Silahkan saja unduh aplikasinya untuk perangkat berbasis Android dan iOS, serta kunjungi website resmi mereka di DavestPay.com!

Beri Komentar