Projects

Seiring dengan perkembangan dunia digital, pasar freelancer di Indonesia pun semakin terus tumbuh. Kehadiran sejumlah marketplace khusus bagi para freelancer, seperti Freelancer dari luar negeri dan SribuLancer yang merupakan produk dalam negeri, menjadi wadah bagi para pekerja lepas kreatif untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya. Nah, beberapa waktu lalu, muncul juga satu lagi marketplace freelancer yang ikut meramaikan persaingan di ranah bisnis ini. Namanya adalah Projects.co.id. Sama seperti marketplace freelancer lain, situs ini juga membantu mempertemukan para pencari jasa freelance dengan para freelancer yang mencari pekerjaan.

Diluncurkan sejak bulan November 2014 lalu, situs ini cukup mendapat perhatian dari para pencari jasa freelance dan freelancer. Pada situs Projects.co.id ini, pihak pencari jasa disebut dengan istilah ‘Owner’. Mereka bisa memasang proyek yang dibutuhkan untuk mendapatkan freelancer. Tersedia form yang harus diisi, mulai dari kategori, nama proyek, deskripsi termasuk kriteria kemampuan freelancer yang dibutuhkan, tenggat waktu, hingga jumlah upah yang diberikan. Lalu, para freelancer yang disebut ‘Worker’ akan melamar proyek tersebut. Owner pun bisa memilih Worker mana yang sesuai dengan kebutuhan, dari beberapa Worker yang mengajukan penawaran lewat sistem situs ini.

Berbagai kategori pekerjaan bisa ditemukan pada situs Projects.co.id, terutama yang berkaitan dengan bidang informasi dan teknologi (IT), seperti website developmetn, mobile programming, game programming, internet marketing & social media, SEO & website maintenance, hingga audio, video & photography. Selain itu, tersedia pula proyek dengan kategori lainnya, seperti pembuatan artikel, translation, konsultasi dan accounting, hingga data entry & data mining. Dengan banyaknya kategori yang tersedia tersebut, memungkinkan akan lebih banyak pula freelancer yang bisa ikut bergabung dan memanfaatkan kemampuannya untuk mendapat pekerjaan dari pemilik proyek.

Selain itu, terdapat juga tiga fitur penting lainnya pada Projects.co.id. Pertama, fitur ‘Services’ yang memberikan kesempatan kepada para Worker untuk menawarkan jasanya kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Para Worker akan memasang jasa dan tarif yang ditawarkan, yang kemudian bisa dilihat dan ditawar oleh pihak yang membutuhkan. Kedua, fitur ‘Hire Me/Private Project’, dimana Owner bisa memilih langsung Worker yang diinginkan untuk mengerjakan proyeknya, tanpa harus melalui proses pelelangan. Ketiga, fitur ‘Ask Owner’ yang memungkinkan para calon Worker untuk bertanya secara langsung kepada Owner sebelum memasukkan penawaran pada suatu proyek.

Semua transaksi yang terjadi antara Owner dan Worker pada situs Projects.co.id ini sendiri dilakukan melalui sistem escrow, atau yang bisa dikenal dengan istilah ‘rekening sementara’. Owner yang telah memilih Worker untuk mengerjakan proyeknya, harus mengirimkan upah yang telah disepakati ke rekening Projects.co.id melalui transfer. Setelah Worker berhasil mengerjakannya dan disetujui oleh Owner, maka dana tersebut baru akan diserahkan kepada Worker sebagai imbalan atas jasanya. Sedang Projects.co.id akan mendapat pemasukan senilai 12 persen dari setiap transaksi yang terjadi.

Menariknya, situs Projects.co.id ini tidak hanya menjadi wadah transaksi jual beli jasa sebagai service marketplace, namun juga bisa menjadi product marketplace untuk melakukan transaksi jual beli produk digital, seperti logo dan desain, game, aplikasi mobile, foto dan ilustrasi, website template, e-book, hingga artikel. Untuk setiap produk yang terjual, Projects.co.id mengambil komisi sebesar 20 persen. Fitur ini pula yang membedakannya dengan para pesaing. Tidak heran jika para pendirinya mengklaim Projects.co.id sebagai marketplace pertama di dunia yang menggabungkan konsep marketplace untuk proyek, layanan, dan produk digital.

Selain itu, semua member situs ini juga bisa mengdapat penghasilan tambahan dengan mengikuti program ‘Affiliate Referral’. Tertarik untuk mencobanya? Langsung saja kunjungi situs Projects.co.id dan mendaftar jadi member secara gratis!

Beri Komentar