Kiddo, Komputer Khusus untuk Anak-Anak yang Bisa Dirakit Sendiri

0
686
Kiddo

Perkembangan dunia teknologi belakangan ini mau tidak mau juga masuk ke dunia anak-anak. Jarang sekali anak-anak zaman sekarang yang tidak mengenal komputer, laptop, tablet, atau smartphone. Bahkan, mereka pun sudah tak asing lagi untuk menjelajah dunia melalui jaringan internet yang tersambung pada perangkat digital tersebut. Namun, tidak semua internet dan perangkat itu aman bagi anak-anak. Apalagi, sudah semakin banyak konten-konten yang tidak layak untuk disaksikan generasi muda. Nah, sepertinya kondisi inilah yang melatarbelakangi perusahaan riset Intelligent Technology Initiatives hingga kemudian menciptakan perangkat komputasi khusus untuk anak-anak.

Perusahaan startup yang bermarkas di Yogyakarta itu membuat perangkat komputer mini dengan nama Kiddo. Sebagai produk teknologi khusus untuk dunia pendidikan, Kiddo dilengkapi dengan sejumlah konten yang sangat edukatif, seperti Buku Sekolah Elektronik untuk sekolah dasar, video pembelajaran, film-film animasi, cerita rakyat Indonesia, serta file lagu anak-anak, lagu-lagu daerah, dan lagu-lagu wajib nasional Indonesia. Dengan perangkat komputer Kiddo ini, anak-anak pun bisa mengenal teknologi sedari dini secara aman. Tidak hanya itu saja, Kiddo juga akan ikut membantu menciptakan dunia anak yang nyaman dalam belajar dan menumbuhkan kecintaan pada Indonesia.

Menariknya, komputer mini ini bisa pula dirakit sendiri oleh anak-anak. Perangkat Single Board Computer (SBC), yakni Raspberry Pi versi 2 dan 3 yang digunakannya memungkinkan Kiddo bisa dirakit oleh anak-anak. Selain itu, perangkat ini juga menggunakan sistem operasi open source, yakni Kano OS yang bisa memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk berkreasi lebih jauh dengan teknologi. Melalui sistem operasi itu, anak-anak bisa membuat aplikasi sendiri dengan pemrograman yang sederhana. Selain itu, tentunya juga tersedia beragam aplikasi dan game menarik, seperti membuat gambar, musik, dan hack minecraft, yang dapat meningkatkan kreativitas anak-anak.

Tidak hanya itu, Kiddo juga menggunakan konten video dari Open Movie Project yang merupakan gerakan pengembangan konten animasi bersifat kolaborasi dari semua pengembang dunia melalui perangkat open source. Dengan semua kelebihan itu, tentu Kiddo akan memberikan kenyamanan yang maksimal bagi anak-anak untuk bereksplorasi dengan teknologi. Kebiasaan anak zaman kini yang sangat tergantung dengan bermain gadget pun bisa diubah ke arah yang lebih kreatif, di mana mereka bisa merakit komputer mereka sendiri, membuat aplikasi game sesuai keinginan, mencoba berbagai film animasi, hingga mengenal teknologi open source yang semakin terus berkembang.

Kiddo sendiri tersedia dalam dua varian utama, yakni Kiddo for Kids bernama Kiddo Patangpuluh, dan Kiddo for Developer dengan nama Kiddo Jagakarya yang menggunakan sistem operasi IoT untuk para pengembang. Kedua varian Kiddo ini sama-sama dijual dengan harga Rp 999.000 per unit, dengan kelengkapan berupa keyboard, mouse, power, HDMI, dan monitor. Belakangan, Kiddo Patangpuluh dikembangkan lagi menjadi dua jenis, yakni Kiddo Wirabraja yang merupakan versi wired dengan harga jual Rp 1.799.000, dan Kiddo Dhaeng versi wireless yang dijual seharga Rp 1.999.000 per unit. Pembelian kedua jenis Kiddo for Kids terbaru ini juga akan mendapatkan diskon sebesar Rp 150.000.

Kedua jenis Kiddo untuk anak-anak tersebut merupakan pengembangan yang pertama dengan nama Kiddo Siji. Intelligent Technology Initiatives sendiri berencana akan terus melakukan pengembangan terhadap produk teknologinya ini. Untuk program Kiddo Loro pada Mei 2016, mereka siap untuk meluncurkan portable computer dan multi purposes. Kemudian, Kiddo Telu pada Agustus 2016 dengan produk special purposes dan IoT based. Lalu, Kiddo Papat pada Desember 2016 menciptakan IoT untuk aktifitas sehari-hari, dan Kiddo Limo pada Maret 2007 akan menghasilkan perangkat pintar. Selain itu, perangkat Kiddo X juga akan mereka luncurkan dalam waktu dekat ini. Jika Anda tertarik untuk mencoba komputer Kiddo ini, silahkan kunjungi situsnya di http://makeiswork.com/kiddo.

Beri Komentar