GrabFood

Berbagai inovasi terus dilakukan oleh para e-entrepreneur dan pengembang startup di Indonesia, termasuk dalam bisnis penyedia jasa transportasi online. Sejumlah layanan anyar diluncurkan untuk memberikan kemudahan bagi para pengguna transportasi publik, dan tentu untuk mencari peluang bisnis baru demi meraup keuntungan lebih banyak di dunia e-commerce. Setelah baru-baru ini penyedia transportasi online asal Amerika Serikat, Uber memperkenalkan layanan ojek online UberMotor, dan ojek online asli Indonesia GO-JEK menghadirkan sewa mobil GO-CAR, kali ini giliran Grab yang meluncurkan layanan terbaru, yakni GrabFood untuk pemesanan makanan secara online.

Tepat pada tanggal 2 Mei 2016 lalu, Grab resmi memperkenalkan GrabFood untuk pesan-antar makanan. Berdasarkan siaran persnya, Group VP of Marketing Grab Cheryl Goh menjelaskan bahwa layanan ini dihadirkan bagi para pecinta kuliner agar bisa mendapatkan kemudahan untuk menikmati hidangan terbaik dari berbagai restoran, tanpa harus meluangkan waktu untuk memesan langsung atau datang ke restoran. Dengan kemunculan layanan GrabFood ini, maka Anda tidak perlu lagi khawatir terpaksa harus menghadapi kemacetan jalan raya, atau mesti melakukan reservasi tempat di restoran sejak jauh-jauh hari hanya untuk menikmati kuliner lezat yang sedang diimpi-impikan.

Sebenarnya, layanan pemesanan makanan secara online ini juga sudah dijalani oleh GO-JEK melalui fitur GO-FOOD, sejak awal kemunculannya sebagai salah satu penyedia ojek online di Indonesia. Bahkan, saat ini layanan GO-FOOD pun sudah menjangkau hingga ke sejumlah kota besar di Tanah Air, bersamaan dengan ekspansi bisnis ojek online ini. Namun sepertinya, Grab masih melihat peluang besar yang bisa mereka garap dalam bisnis pesan-antar makanan ini. Di awal kehadiran GrabFood, startup asal Malaysia tersebut melirik pelanggan sejumlah restoran terkemuka di Jakarta, terutama di sekitar kawasan SCBD (Semanggi, Kuningan dan Senayan), yang siap mereka layani.

Mereka sengaja memilih restoran ternama secara cermat, demi menyajikan makanan kualitas terbaik bagi para pelanggannya. Berbagai kuliner istimewa dari restoran-restoran seperti PEPeNERO, Bottega, Turkuaz, dan Cut The Crab pun siap diantarkan oleh para pengendara GrabFood ke meja pelanggannya. Beragam menu makanan dan minuman telah terdaftar fitur GrabFood yang terdapat pada alikasi Grab. Dengan menyentuh ikon GrabFood pada aplikasi tersebut dan memasukkan lokasi pengantaran makanan, maka akan langsung muncul sejumlah restoran terdekat yang bisa dipilih. Selanjutnya, pengguna memilih salah satu restoran untuk bisa memilih menu yang diinginkan.

Setelah itu, Anda bisa bersantai menunggu pesanan atau kembali melanjutkan aktivitas. Sementara pengendara GrabFood akan membelikan dan mengantarkan pesanan ke lokasi Anda. Menariknya, makanan tersebut akan segera diantarkan selagi hangat dengan menggunakan tas thermal khusus yang didesain sendiri oleh tim Grab. “Kami yakin bahwa hidangan lezat dapat diperoleh dengan mudah hanya dengan beberapa sentuhan aplikasi Grab pada ponsel cerdas Anda, dan Anda dapat segera menikmati makanan yang diinginkan, hangat saat disantap, diantarkan langsung dari dapur kepada Anda,” ungkap Cheryl dalam siaran pers yang dikirimkan pada Senin (02/05/2016) lalu itu.

Sayangnya, untuk tahap awal ini layanan GrabFood hanya baru bisa dinikmati oleh warga Jakarta. Pasalnya, Grab memang baru meluncurkan versi beta sebagai uji coba. Itu pun, layanan GrabFood versi beta ini hanya tersedia pada saat jam makan siang, dari pukul 11.00 – 14.00 WIB setiap harinya. Untuk bisa menikmati layanan ini, Anda dikenakan tarif sebesar Rp 20.000 untuk setiap orderan. Namun, selama masa uji coba, semua pengguna GrabFood bisa mendapatkan diskon 50 persen, dan cukup hanya membayar Rp 10.000 saja, dengan cara memasukkan kode promo ‘CEPATDONG’. Nah, jika ingin mencoba layanan GrabFood ini, segera perbaharui aplikasi Grab pada smartphone Anda!

Beri Komentar