Kincir.com, Startup Media Sosial Berbasis Fans Club Selebritis

0
1041
kincir.com

Dunia startup memang semakin marak dan menarik perhatian banyak kalangan. Bahkan, tak hanya para pebisnis pemula, tetapi juga kalangan selebritis. Buktinya, beberapa selebritis Indonesia pun sudah mulai membangun startup mereka sendiri. Salah seorang di antaranya adalah vokalis grup band Nidji, yakni Giring Ganesha. Bersama dengan teman-temannya di band berserta tim yang bernaung di bawah Grup Djarum, GDP Venture, dia pun membangun sebuah startup dengan nama Kincir.com. Menariknya, startup yang satu ini hadir dengan konsep “Online Fans Club”. Seperti konsepnya tersebut, Kincir.com memang menjadi startup pertama berbasis fans club para selebritis.

Membangun sebuah startup sendiri bukanlah sebuah hal yang mudah. Namun, Giring tampaknya tak terlalu buta dan sudah mempunyai cukup bekal berupa pengalaman untuk membangun startup ini. Situs Kincir.com mulai dirilis pada bulan Maret 2013 lalu. Giring mengaku membuat startup ini, karena punya keinginan yang kuat untuk merangkul para idola agar bisa tetap dekat dengan para fansnya. Oleh sebab itu, makanya dia pun mengajak teman-temannya para selebritis yang memiliki fans club, untuk selalu aktif mengelola dan membawa para penggemarnya pada hal-hal yang positif. Usaha Giring itu pun dilirik oleh GDP Venture, dan mereka menemukan kesepakatan kerja sama.

Ternyata GDP Venture tidak hanya menyokong dana untuk investasi di Kincir.com, tapi juga ikut merancang konsep dengan tujuan membuat nama startup ini bisa menjadi besar. Mereka turut menyediakan tim berjumlah 12 orang untuk membantu pengembangan Kincir.com. GDP Venture sendiri sudah cukup berpengalaman dalam membesarkan startup, di antaranya Kaskus dan Blibli. Bersama tim kecil itulah, Giring membangun Kincir.com menjadi media sosial dengan berbasiskan fans club. Melalui situs ini, para penggemar bisa melakukan banyak aktifitas, seperti mengetahui profil dan berita terbaru dari sang idola, hingga mengobrol langsung dengan mereka lewat live chat.

Kincir.com juga pernah menggelar Program Koleksi Idola pada tanggal 22-30 Juni 2015 lalu, di mana para fans bisa membeli barang-barang kesayangan milik sang idola yang pernah mereka gunakan. Yang pastinya, melalui situs media sosial ini, para fans dengan idolanya bisa saling berinteraksi. Untuk menjaring member dan para netizen, Kincir.com sendiri sudah merangkul sekitar 175 artis pada tahun 2015 lalu. Sementara itu, member yang sudah terdaftar mencapai 177.000 netizen. Dari jumlah tersebut, sekitar 25-40 persen merupakan user aktif dengan waktu akses sekitar 9-12 menit. Jumlah ini melebihi target jumlah artis, member dan trafik situs yang diharapkan pada tahun 2015.

Giring pun berharap dalam waktu dekat ini jumlah member Kincir.com bisa mencapai angka satu juta orang. Selain itu, dia juga berharap bisa menggandeng lebih banyak lagi para artis untuk bergabung di Kincir.com. Sejauh ini, musisi yang sudah bergabung di antaranya adalah Nidji sendiri, serta Noah, Raisa, Payung Teduh, Cherrybelle, dan lainnya. Dengan impian Giring yang ingin membesarkan Kincir.com, maka bukan tidak mungkin startup baru ini ke depannya bisa terus berkembang sebagai one-stop entertainment website yang berbasiskan fans club terbesar di Indonesia. Semua fans pun bisa melakukan bermacam-macam hal hanya di satu tempat, yakni di media sosial fans club Kincir.com, mulai dari mendengarkan lagu, mencari jadwal event, melihat-lihat foto dan video para idola, hingga membeli tiket konser untuk menyaksikan penampilan mereka.

(Ditulis oleh Ade Marza)

Beri Komentar