Xiaomi Mi5, Penerus Generasi Smartphone Gahar dengan RAM 3 GB

0
1574
xiaomi-mi5

Meskipun belum ada pernyataan resmi dari Xiaomi, namun sudah banyak media yang membahas soal kehadiran flagship baru dari perusahaan asal Tiongkok itu. Meneruskan generasi smartphone gahar dengan harga murah, yang selama ini telah melekat pada merek mereka, Xiaomi dikabarkan akan segera meluncurkan produk terbaru dengan spesifikasi yang lebih hebat dibandingkan dengan produk sebelumnya, Xiaomi Mi4i yang banyak menuai kesuksesan penjualan, termasuk di Indonesia.

Desain dan Layar
Smartphone yang akan dinamai Xiaomi Mi5 ini kabarnya akan dibalut desain yang elegan dengan bezel yang sangat tipis. Disebut-sebut hadir dengan dua model, termasuk Xiaomi Mi5 Plus, ponsel pintar ini akan dibekali dengan layar yang berukuran lebih besar. Layar Xiaomi Mi5 berukuran 5,3 inchi, sedang Xiaomi Mi5 Plus 5,7 inch. Resolusi layarnya juga semakin jauh membaik, 1440 x 2560 piksel dengan teknologi IPS, dan dilindungi Corning Gorilla Glass 4, sehingga aman dari goresan.

Dapur Pacu
Sama seperti pendahulunya, generasi smartphone gahar terbaru ini juga akan dibekali dengan prosesor octa-core berupa empat inti prosesor berkekuatan 2,2 GHz dan empat inti prosesor 1,8 dari chipset Qualcomm Snapdragon 820, serta didukung pengolah grafis Adreno 530. Nah, salah satu bagian yang paling gahar dari smartphone ini adalah RAM-nya yang berkapasitas 4 GB pada Xiaomi Mi5 Plus dan 3 GB pada Xiaomi Mi5. Performanya diyakini akan benar-benar ‘topcer’ saat dimainkan.

Kamera
Pada sektor kamera, Xiaomi Mi5 sepertinya lebih unggul, dengan menggunakan kamera utama beresolusi 16 MP dan kamera depan 6 MP. Sedangkan, pada Xiaomi Mi5 Plus disematkan kamera beresolusi 13 MP di bagian belakang dan 4 MP untuk kamera depan. Kamera utamanya itu juga masih akan menggunakan sensor Sony Exmor yang sudah teruji kualitasnya, serta dilengkapi dengan fitur LED flash, autofocus dan IOS untuk memanjakan user-nya dalam mengabadikan setiap momen.

Konektivitas
Untuk dukungan konektivitas, tentunya generasi smartphone gahar dari Xiaomi ini akan berjalan pada jaringan LTE 4G. Selain itu, tersedia pula fitur seperti Bluetooth, WiFi, hotspot, dan GPS untuk membantu para penggunanya agar tetap bisa terhubungan dengan dunianya. Namun, belum diketahui apakah nantinya akan dibekali NFC, karena fitur itu sebelumnya tidak tersedia pada Xiaomi Mi4i. Sedangkan untuk kartu SIM, tersedia dua slot, yang kemungkinan berukuran Nano SIM.

Memori dan Fitur
Bagian penyimpanan pada dua model ponsel pintar baru ini, sepertinya masih akan mengikuti model yang lama, yakni tanpa menyediakan slot untuk memori eksternal. Namun, untuk memori internal, tersedia pilihan dengan kapasitas yang sangat besar, 64 GB, selain kapasitas 16 GB. Kapasitas itu tentu saja sudah jauh lebih dari cukup untuk menampung semua data milik para penggunanya. Sedangkan fitur tambahan, kemungkinan tak akan jauh berbeda dengan yang dimiliki pendahulunya.

Baterai
Dengan spesifikasi kelas atas seperti di atas, dukungan daya tahan baterai tentu saja harus menjadi perhatian besar. Xiaomi Mi5 Plus disebut-sebut akan menggunakan baterai jenis Li-Po berkapasitas 3500 mAh. Namun, tipe Xiaomi Mi5 dikabarkan hanya mendapat baterai Li-Po dengan kapasitas 3030 mAh, yang sedikit lebih kecil dari baterai milik Xiaomi Mi4i berkekuatan 3120 mAh namun jenis Li-Ion. Semoga saja kedua tipe ponsel Xiaomi terbaru itu mendapatkan kualitas baterai yang terbaik.

Harga
Soal harga, informasinya hingga saat ini masih simpang siur. Pastinya, kedua ponsel pintar ini akan dibanderol dengan harga di atas Rp 3 juta. Namun, dengan harga tersebut, tentu sudah tergolong murah, jika dibandingkan dengan flagship kelas atas seperti Samsung Galaxy S6 atau LG G4 yang dijual jauh lebih mahal. Pihak Xiaomi sendiri dikabarkan baru akan merilis spesifikasi lengkap dan harga resmi dari generasi smartphone gahar ini pada kuartal IV, atau sekitar bulan November 2015.

(Ditulis oleh Ade Marza)

Beri Komentar