Mengenal Periscope, Aplikasi Live Streaming yang Menjadi Fenomena

0
1311
periscope

Aplikasi ini sempat heboh dibicarakan media massa ketika beberapa waktu yang lalu Presiden Joko Widodo menyiarkan rekaman keramaian dalam Festival Karnaval Khatulistiwa di Pontianak yang dihadirinya melalui aplikasi ini. Jadi sebenarnya apa sih Periscope ini sampai-sampai presiden kita menyiarkan rekaman dirinya melalui aplikasi ini?

Tentu kita semua sudah mengenal Youtube sebagai sebuah aplikasi pemutar video dan live streaming video yang paling terkenal saat ini. Namun aplikasi Youtube atau sejenisnya seperti VidMate dan Snapchat memiliki kekurangan, yaitu tidak dapat digunakan untuk menonton live streaming melalui smartphone.

Sedangkan melalui Periscope, pengguna dapat menyiarkan atau membagikan video yang diambil dari smartphone secara langsung ke seluruh dunia. Inilah keunggulan Periscope dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi pemutar video lainnya.
Uniknya, aplikasi ini berusaha mengintegrasikan media sosial dengan pemutar video. Penggunanya dapat menyiarkan dan membagikan tautan videonya melalui akun Twitter mereka serta mengaktifkan fitur replay sehingga follower akun Periscope mereka dapat menyaksikan kembali video tersebut. Namun, fitur ini hanya berlaku selama 24 jam.

periscope-tv-infographic

Para follower yang menyaksikan video live streaming tersebut juga dapat memberikan komentar dan saling membagikan video. Jika ada yang menyukai video live streaming tersebut, pengguna dapat langsung menggunakan fitur heart sebagai tanda bahwa Anda menyukai video tersebut.
Periscope juga memberikan hak kepada penggunanya untuk menjaga privasi video yang dibuat. Sebelum melakukan live streaming, pengguna dapat memilih siapa saja dari follower-nya yang dapat melihat video tersebut. Oh iya, aplikasi ini juga tidak membatasi durasi video yang akan ditayangkan, semuanya terserah pengguna.

Namun dibalik semua keunggulan ini, ada beberapa keluhan yang banyak dirasakan oleh pengguna Periscope. Utamanya karena aplikasi ini menghabiskan banyak daya baterai ketika menonton atau melakukan live streaming. Selain itu, Periscope membatasi jumlah penonton per video, sehingga bila satu video ternyata diakses oleh banyak orang secara bersamaan, maka bisa saja pengguna harus masuk daftar tunggu untuk menonton video tersebut.

Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Bila iya, kini aplikasi ini telah tersedia untuk platform Android dan iOS. Anda juga bisa langsung mengunjungi situs resmi Periscope di alamat periscope.tv untuk melihat contoh-contoh videonya.

(Ditulis oleh Wanda Ayu)

Beri Komentar