4 Cara Mudah dalam Merawat Ponsel Android

0
1138

Smartphone yang berbasis Android sering kali diminati oleh banyak orang – orang di seluruh dunia, namun bagaimana jika ponsel tersebut cepat rusak dikarenakan kita tidak tahu cara merawatnya dengan benar? Disini saya akan memberikan kalian tips – tips bagaimana cara merawat Android sehingga awet dan tidak cepat rusak dengan cara yang mudah dan tidak memakan waktu banyak.

Ponsel android termasuk ponsel yang rentan terhadap kerusakan. Jenis kerusakan ada 2 yaitu kerusakan fisik dan kerusakan internal, ponsel Android termasuk jenis yang rentan terhadap 2 kerusakan ini apabila kita tidak bisa merawatnya dengan baik dan benar, berikut tips –tips nya:

  1. Melindungi Layar Touchscreen Ponsel Android

Salah satu penyebab seringnya Android diganti adalah layar retak atau layar pecah sehingga kita tidak bisa melihat tampilan pada layar android kita, biasanya kejadian layar retak disebabkan oleh ponsel terjatuh ke lantai tanpa pengaman apapun. Oleh karena itu agar ponsel Android kita tidak gampang terjatuh, sebelum memegang ponsel anda lebih baik pastikan dahulu tangan anda tidak basah atau licin kemudian pastikan anda menggenggam ponsel anda dengan hati – hati agar tidak lepas dari tangan anda.

Selain itu gunakanlah selalu silicon case atau jelly case, yang biasa disebut dengan bahasa gaulnya yaitu kondom handphone. Silicon case atau jelly case ini bisa mencegah kemungkinan layar ponsel anda retak jika terjatuh dan membentur lantai. Silicon case atau jelly case tersedia dengan berbagai macam bentuk yang unik dan lucu bahkan ada yang menyerupai character kartun favorit anda.

gorilla-glass-webhouzz
Gorilla Glass

Anda juga bisa menggunakkan anti gores yang sangat kuat yang disebut Gorilla Glass. Kaca anti gores ini sangat cocok untuk melindungi layar ponsel anda. Layar ponsel anda tidak akan hancur apabila ada benda menghantam. Walaupun Gorilla Glass sangat saya rekomendasikan, namun harganya bisa di bilang lumayan mahal.

  1. Backup Data Ponsel Android Secara Berkala

Ingatlan untuk selalu backup data di ponsel android anda. Apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan anda diharuskan mengatur ulang ponsel android anda, maka anda tidak berada dalam masalah sebab data – data yang berada di ponsel anda sudah tersimpan di tempat yang aman.

Untuk masalah tersebut backuplah data – data yang berupa foto, video, music, dan file – file yang lainnya ke dalam SDcard eksternal anda. Apabila ponsel android anda tidak men-support SDcard eksternal maka anda bisa menggunakan kabel data untuk membackup data dari ponsel ke laptop atau PC. Bila perlu lakukanlah setiap 2 bulan sekali atau sebulan sekali, sebab kita tidak tahu kapan ponsel akan mengalami kerusakan.

  1. Download Aplikasi Dari sumber Yang Jelas

Google Playstore adalah sumber aplikasi yang sangat terpercaya dikalangan android. Namun terkadang kita mencari alternatif dengan mencari aplikasi melalui sumber yang tidak jelas dan menyebabkan ponsel android terkena virus yang akan merusak sistem operasi ponsel kita. Maka dari itu untuk mencegahnya, saya sangat merekomendasikan untuk mengunduh aplikasi hanya dari Google Playstore saja.

  1. Menghemat Baterai Agar Tidak Rusak

Baterai adalah nyawa dari Ponsel Android anda. Apabila baterai rusak atau bocor maka ponsel android anda pasti tidak bisa menyala lagi. Kerusakan baterai juga mengakibatkan bootloop. Bootloop adalah situasi ketika anda tidak bisa melakukan proses booting pada ponsel anda. Proses booting akan berhenti pada logo ponsel anda, lalu akan mati kembali. Solusinya adalah menjaga baterai anda jangan sampe overheat dan mengalami kebocoran baterai.

Selain itu ada pula aktivitas merusak baterai yang sering kita lakukan adalah men-charge ponsel sambil digunakan. Apabila anda sering melakukan ini, hentikanlah mulai dari sekarang sebab menggunakan ponsel saat sedang di-charge menyebabkan daya yang masuk ke baterai langsung keluar saat digunakan. Baterai tidak akan terisi full jika dipakai terus menerus dan menyebabkan overheat. Overheat pada baterai dapat menyebabkan ledakan setara dengan ledakan bomb kecil.

Itulah 4 tips cara merawat ponsel android anda dengan mudah dan efisien, diingat – ingat ya sobat agar tetap merawat ponsel kalian. Jadi sekarang bagaimana keadaan ponsel kalian?

(Ditulis oleh Muhammad Hafiyyan Bramantyo)

Beri Komentar