HomeStartupMarlin Booking, Aplikasi Pemesanan Tiket Kapal Ferry Pertama di Indonesia

Marlin Booking, Aplikasi Pemesanan Tiket Kapal Ferry Pertama di Indonesia

Date:

Berita Terkait

TipTip Umumkan Pendanaan Tahap Awal Sebesar US$ 10 Juta

TipTip, sebuah platform untuk pembuat konten di Asia Tenggara,...

Jalin Kerja Sama dengan Bank DBS, Go-Jek Segera Hadir di Singapura

Aplikasi penyedia transportasi Go-Jek kini akan merambah ke Singapura,...

Grab Resmi IPO Pada Bursa Saham di Amerika Serikat

Perusahaan ride hailing, Grab Holdings resmi melantai di bursa...

LocalStartupFest 2.0 Hadir di Jakarta, 18-19 Oktober 2017

Festival bagi para penggiat startup lokal di Tanah Air...

MNC Vision Menjalin Kerjasama Dengan Migo

MNC Vision adalah anak perusahaan dari MNC Group yang...

Fenox VC bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia memilih delapan startup lokal terbaik dari delapan kota di Indonesia, yakni Eresto (Bandung), Simplidots (Medan), Kamadeva (Yogyakarta), Tavest (Surabaya), Erphi (Balikpapan), MisterDeals (Makassar), PanenID (Bali), dan Marlin Booking (Batam). Mereka mendapatkan tiket wildcard untuk menjalani pitching dalam final Startup World Cup 2018 regional Indonesia di Jakarta, 22 September 2017, demi bersaing untuk tiga hingga empat tiket ke acara grand final di Amerika Serikat, 18 Mei 2018. Ini profil Marlin Booking.

Jika aplikasi pembelian tiket pesawat dan pemesanan hotel sudah banyak yang menguasai pasar bisnis perjalanan di Tanah Air, bahkan juga telah pula merambah pembelian tiket kereta api, maka untuk aplikasi pemesanan tiket kapal ferry, Marlin Booking bisa dibilang sebagai pelopornya. “Marlin Booking merupakan aplikasi pertama pemesanan tiket ferry online di Indonesia,” jelas Presiden Direktur Marlin Booking Ali Sadikin seperti dilansir oleh Batamnews.co.id, Jumat (12/5/2017).

Menurutnya, ide ini sendiri berawal dari persoalan sulitnya memesan tiket kapal ferry di pelabuhan, seperti yang dialami oleh banyak warga Batam yang akan menyeberang ke Singapura atau Malaysia. Sahabatnya, Dede Saputra yang kini menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur Marlin Booking yang menyampaikan ide tersebut. Akhirnya, setelah memulai pembahasan sejak Oktober 2016, aplikasi tiket ferry online yang diberi nama Marlin Booking pun resmi meluncur pada 30 November 2016.

Aplikasi Marlin Booking mulai efektif sejak Januari 2017 dengan melayani pemesanan tiket kapal ferry rute Batam-Singapura dan Batam-Malaysia, serta sebaliknya, dengan waktu pemesanan hanya 15 menit. Cara pemesanannya pun sangat mudah; tinggal memilih rute dan waktu keberangkatan, memasukkan data paspor, lalu membayarnya melalui transfer bank. Belakangan ini, para pengguna juga sudah bisa untuk memesan tiket kapal ferry rute Jakarta ke Pulau Seribu dan sebaliknya, serta tiket berbagai wahana bahari di Singapura. Aplikasi ini pun sudah tersedia untuk Android dan iOS.

Ali bertekad mengembangkan aplikasi Marlin Booking, mulai dari rencana pengembangan rute kapal ferry di seluruh Indonesia, hingga menambah pelayanan seperti sewa bus dan mobil travel, serta penjualan pulsa dan paket data internet; meski fokus tetap pada tiket kapal ferry. Selain itu, mereka juga sedang menyiapkanm mesin khusus untuk mencetak boarding pass secara online, yang tidak hanya akan disediakan di pelabuhan, tapi juga di hotel dan mal. “Dalam waktu dekat penumpang tinggal tempelkan kartu ke mesin untuk verifikasi. Namanya self check-in machine,” pungkas Ali.

Subscribe

- Notifikasi ke email setiap minggu

- Gratis tanpa biaya bulanan

Terbaru